KONSEP IHSAN MENURUT WAHBAH AL-ZUHAILI (STUDI ATAS PENAFSIRAN AYAT-AYAT IHSAN DALAM TAFSIR AL-MUNIR FI AL- AQIDAH WA AL-SYARI'AH WA AL AL-MANHAJ KARYA WAHBAH AL-ZUHAILI)

Mochamad Hamam Nasiruddin, NIM.: 12530050 (2017) KONSEP IHSAN MENURUT WAHBAH AL-ZUHAILI (STUDI ATAS PENAFSIRAN AYAT-AYAT IHSAN DALAM TAFSIR AL-MUNIR FI AL- AQIDAH WA AL-SYARI'AH WA AL AL-MANHAJ KARYA WAHBAH AL-ZUHAILI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP IHSAN MENURUT WAHBAH AL-ZUHAILI (STUDI ATAS PENAFSIRAN AYAT-AYAT IHSAN DALAM TAFSIR AL-MUNIR FI AL- AQIDAH WA AL-SYARI'AH WA AL AL-MANHAJ KARYA WAHBAH AL-ZUHAILI))
12530050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KONSEP IHSAN MENURUT WAHBAH AL-ZUHAILI (STUDI ATAS PENAFSIRAN AYAT-AYAT IHSAN DALAM TAFSIR AL-MUNIR FI AL- AQIDAH WA AL-SYARI'AH WA AL AL-MANHAJ KARYA WAHBAH AL-ZUHAILI))
12530050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Ihsan merupakan hal pokok di dalam ajaran Islam, setelah iman dan Islam. Perilaku Ihsan merupakan puncak ibadah dan akhlak yang menjadi target seluruh hamba Allah Swt. karena IIhsan merupakan bagian dari tiga landasan utama Agama Islam dibangun yaitu Iman, Islam dan Ihsan seperti yang diterangkan Rasulullah Saw. di dalam hadi Jibril, Oleh karena itu sebab itu para mufassir dengan berbagai macam latar belakang banyak memberikan komentar tentang apa yang dimaksud dengan konsep iIhsan itu sendiri, seperti al-Alusi mendefinisikan Ihsan adalah budi pekerti yang baik dengan mengingat Allah, menjahui larangan dan menjalani erintah-Nya, seakan Allah menguasai makhuk-Nya. Wahbah al-ZuhailI sebagai salah satu mufassir kontemporer yang ahli dibidang fiqh di dalam karyanya Tafsir Al-Munir Fi Al- Aqidah Wa Al-Syari'ah Wa Al Al-Manhaj menjelaskan bahwa Ihsan adalah perintah Allah untuk selalu berbuat baik, Wahbah membagi Ihsan alam dua bagian yakni iIhsan dalam beribadah dan bersosial Wahbah al-Zuhaili sebagai seorang yang popoler dalam bidang fiqih dan berkomentar tentang Ihsan bukan dari sudut pandang tasawwuf, namun dari sudut pandang fiqh sosial yang diformulasikan dengan kaidah-kaidah fiqh. enulis tertarik untuk meneliti bagaimana penafsiran wahbah al- zuhaili terhadap ayat-ayat ihsan dan relefansinya dalam konteks sosial kemasyarakatan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa menurut ahbah al- uhail i s n adalah kesempurnaan dalam beramal serta melakukan hal-hal yang sunnah sebagai tambahan dari kewajiban, membandingkan kebaikan dengan melakukan hal yang lebih utama, dan membandingkan keburukan dengan melakukan hal yang lebih kecil. Sedangkan relevansi penafsiran Wahbah terhadap ayat ke 90 dari surat al-Nahl ayat ini tentang adil dan ihsan pada kesimpulan bahwa ayat ini adalah tiang atau dasar bagi kehiduapan Agama Islam, mutiara untuk perkumpulan ummat Islam dimana ayat pertama Allah memeritahkan kepada para hamba-Nya untuk berbuat adil dan iihsan secara mutlak, baik dalam kehidupan sosial, keputusan hukum, urusan agama, dunia, sikap seseorang dengan dirinya bahkan dalam keyakinan menyembah Allah dan tidak menyekutukan-Nya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Afdawaiza, S.Ag. M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Ihsan, Wahbah al-Zuhaili, Tafsir Al-Munir Fi Al- Aqidah Wa Al-Syari'ah Wa Al Al-Manhaj
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Islam dan Pemikiran
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 21 Jul 2022 09:42
Last Modified: 21 Jul 2022 09:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52166

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum