Pola Komunikasi Mitigasi Bencana Studi Kasus Pada Masyarakat Rentan Bencana Alam di Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta

ABDUL ROZAK, - and MOKHAMMAD MAHFUDZ, - and SINUNG RESTENDY, - (2021) Pola Komunikasi Mitigasi Bencana Studi Kasus Pada Masyarakat Rentan Bencana Alam di Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta. Project Report. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Pola Komunikasi Mitigasi Bencana Studi Kasus Pada Masyarakat Rentan Bencana Alam di Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta)
Pola Komunikasi Mitigasi Bencana Studi Kasus Pada Masyarakat Rentan Bencana A.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1658377895.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview

Abstract

Bencana alam yang paling sering terjadi di Kalurahan Kalirejo adalah tanah longsor, banjir, dan pojon tumbang. Hal tersebut disebabkan oleh topografi yang menyebabkan kondisi tanah labil sehingga mudah mengakibatkan longsor Ketika curah hujan tinggi. Pola komunikasi yang dominan dalam hal penanganan/mitigasi bencana alam di Kalurahan Kalirejo bersifat bottom up, dari masyarakat menuju ke pemerintah kalurahan, kapanewon, dan kabupaten serta badan penanggulangan bencana daerah. Pola komunikasi ritual, baik berdasarkan tradisi dan keraifan local maupun yang bernuansakan ajaran agama masih lestari dan tetap berlangsung sampai sekarang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Mitigasi Bencana; Komunikasi; Masyarakat Rentan Bencana
Subjects: Bencana Masyarakat - People’s Action
Komunikasi
Divisions: Penelitian
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 21 Jul 2022 11:40
Last Modified: 21 Jul 2022 11:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52170

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum