RESILIENSI SOSIAL KOMUNITAS SYIAH (STUDI KASUS KORBAN KONFLIK SYIAH SAMPANG DI PENGUNGSIAN RUMAH SUSUN PUSPA AGRO, SIDOARJO, JAWA TIMUR)

Khalilatul Khalqi, NIM.: 13250067 (2018) RESILIENSI SOSIAL KOMUNITAS SYIAH (STUDI KASUS KORBAN KONFLIK SYIAH SAMPANG DI PENGUNGSIAN RUMAH SUSUN PUSPA AGRO, SIDOARJO, JAWA TIMUR). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESILIENSI SOSIAL KOMUNITAS SYIAH (STUDI KASUS KORBAN KONFLIK SYIAH SAMPANG DI PENGUNGSIAN RUMAH SUSUN PUSPA AGRO, SIDOARJO, JAWA TIMUR))
1HUDBN~V.PDF - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (RESILIENSI SOSIAL KOMUNITAS SYIAH (STUDI KASUS KORBAN KONFLIK SYIAH SAMPANG DI PENGUNGSIAN RUMAH SUSUN PUSPA AGRO, SIDOARJO, JAWA TIMUR))
18E3EU~R.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada bulan agustus 2017 yang bertujuan untuk membahas terkait resiliensi sosial komunitas Syiah di pengungsian. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh konflik di Sampang yang melibatkan komunitas Syiah dan Sunni (NU) dan berakibatkan pengusiran komunitas Syiah Sampang, Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus, jumlah informan yang terlibat dipenelitian ini 5 orang informan, 4 informan merupakan pengungsi Syiah dan 1 informan merupakan pengelola rumah susun. Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling dan teknik pengambilan data dilakukan dengan pengamatan (observasi), wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data penelitian dengan menelaah hasil lapangan dan melakukan reduksi data. Untuk melihat kevalidatan penelitian, peneliti menggunakan trianggulasi dan diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunitas Syiah Sampang berresilien tetapi tidak maksimal karena jika dilihat dari tolak ukur kesejahteraan seperti kemiskinan, pendapatan dan pengeluaran pengungsi yang tidak seimbang. Hal yang mempengaruhi komunitas ber-resilien adalah dengan pendekatan keagaaman yang meliputi positive thinking, positive acting dan positive hoping. Selain dari pendekatan keagamaan faktor yang mempengaruhi resiliensi mereka adalah loyalitas komunitas terhadap Syiah dan figure pemimpin yang dikaguminya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Waryono, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Resiliensi Sosial, Pengungsi Syiah, Syiah Sampang
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Islam dan Organisasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 21 Jul 2022 11:36
Last Modified: 21 Jul 2022 11:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52171

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum