EFEKTIFITAS PENGELOLAAN ZAKAT UNTUK PENINGKATAN MODAL USAHA MASYARAKAT TIDAK MAMPU (STUDI BAZNAS KOTA YOGYAKARTA)

Yossy Pratiwi Putri, NIM.: 17103080012 (2022) EFEKTIFITAS PENGELOLAAN ZAKAT UNTUK PENINGKATAN MODAL USAHA MASYARAKAT TIDAK MAMPU (STUDI BAZNAS KOTA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS PENGELOLAAN ZAKAT UNTUK PENINGKATAN MODAL USAHA MASYARAKAT TIDAK MAMPU (STUDI BAZNAS KOTA YOGYAKARTA))
17103080012_BAB I_BAB TERAKHIR_DAFTAR PUSTAKA-1.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS PENGELOLAAN ZAKAT UNTUK PENINGKATAN MODAL USAHA MASYARAKAT TIDAK MAMPU (STUDI BAZNAS KOTA YOGYAKARTA))
17103080012_BAB II_S.D_SEBELUM BAB TERAKHIR-1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dengan dibentuknya Badan Amil Zakat (BAZNAS) diharapkan dapat mempermudah para muzzaki untuk menyalurkan dana zakat. Melalui program BAZNAS Kota Yogyakarta yang berorientasi pada pemberdayaan, salah satunya adalah pemberdayaan masyarakat melalui program Jogja Sejahtera. Hal tersebut dapat memberikan informasi yang lebih terkait dengan potensi zakat dan bagaimana zakat dapat berperan dalam mengentaskan kemiskinan. Efektifitas penyaluran zakat Baznas Kota Yogyakarta patut untuk dikaji mengingat dana yang disalurkan kepada mustahik berupa Cash On, yang mana penyaluran dana berupa cash on di anggap kurang efektif jika diberikan langsung kepada masyarakat tidak mampu. Maka dari itu, untuk mengetahui lebih mendalam terhadap praktik pengelolaan pendistribusian zakat di BAZNAS Kota Yogyakarta, penulis mengangkat permasalahan tersebut ke dalam skripsi dengan judul “Efektifitas Pengelolaan Zakat Untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Tidak Mampu (Studi BAZNAS Kota Yogyakarta)”. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Adapun lokasi penelitian ini dilaksanakan di kantor Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta dan di tempat tinggal beberapa narasumber. Dari pihak BAZNAS wawancara diwakili oleh Bapak Muhammad Fuad, SE, selaku Pelaksana Bidang II. Dari mustahik di wakili oleh Ibu Mardatun, Ibu Debby dan Ibu Mardatun.Sifat penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatis. Oleh karena itu menjelaskan secara gamblang terkait program, produk dan praktik yang ada dilapangan dari data yang diperoleh dan dianalisis menggunakan teori hukum islam dan efektifitas. Penelitian ini menemukan bahwa pengelolaan dana zakat pada BAZNAS Kota Yogyakarta sudah terbilang efektif. Pengelolaan dan penyaluran dana zakat dalam meningkatkan kesejarteraan masyarakat Kota Yogyakarta. BAZNAS Kota Yogyakarta memiliki program, yaitu Jogja Taqwa, Jogja Cerdas, Jogja Sejahtera, Jogja Sehat dan Jogja Peduli. Dana yang diberikan kepada mustahik murni diperuntukkan untuk mustahik dan BAZNAS tidak mengambil keuntungan berupa apapun, hal tersebut dapat dibuktikan dengan pernyataan narasumber yang telah penyusun wawancarai. Penyaluran dana zakat kepada mustahik menggunakan akad hibah yang langsung diberikan kepada mustahik melalui rekening bank. Program Jogja Sejahtera memiliki sebutan Mas Zakky, yang mana terbagi dalam tiga sektor, yaitu sektor angkringan, sektor gorengan dan sektor seluler.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Saifuddin. S.HI.,M.SI
Uncontrolled Keywords: zakat produktif; zakat; effectiveness; mustahik
Subjects: Hukum Islam > Zakat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Jul 2022 14:39
Last Modified: 21 Jul 2022 14:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52173

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum