KEBIJAKAN NEGARA UNTUK PENANGANAN COVID-19 PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

Muhammad Amir Fahrudddin, NIM.: 15370078 (2022) KEBIJAKAN NEGARA UNTUK PENANGANAN COVID-19 PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEBIJAKAN NEGARA UNTUK PENANGANAN COVID-19 PERSPEKTIF HUKUM ISLAM)
15370078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KEBIJAKAN NEGARA UNTUK PENANGANAN COVID-19 PERSPEKTIF HUKUM ISLAM)
15370078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Semenjak Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2020 disahkan, banyak kontra dikalangan masyarakat. Hal tersebut disebabkan karna adanya pasal didalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2020 tersebut yang dikhawatirkan berpotensi dapat menjadi celah untuk melakukan tindak pidana korupsi, pasal tersebut yaitu pasal 27. Oleh sebab itu, Penelitian ini akan mengkaji Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2020 dalam perspektif hukum Islam. Penelitian ini menggunakan penelitian pustaka (Library Research). Sifat penelitian ini adalah deskriptif analitis, yaitu penguraian secara teratur seluruh konsep yang ada relevansinya dengan penelitian yang dibahas. Serta menggunakan metode pendekatan yuridis normative yang dilakukan dengan cara menelaah dan menginterpretasikan hal-hal yang bersifat teoritis yang berkaitan dengan hal yang dibahas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasal 27 Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2020 tidak sepenuhnya membawa kemudharatan sebab tujuan dari disahkannya peraturan tersebut adalah untuk mengatasi krisis keuangan yang terjadi akibat dari pandemi COVID-19. Perlu dilakukan sosialisasi menyeluruh kepada masyarakat Ketika pengesahan suatu peraturan agar tidak terjadi salah penafsiran dikalangan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing :Dr. Ocktoberrinsyah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2020, Maslahah Mursalah, kaidah fikih.
Subjects: Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (S-1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 25 Jul 2022 14:42
Last Modified: 25 Jul 2022 14:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52189

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum