PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI ERA PANDEMI COVID 19: STUDI TERHADAP PEMBELAJARAN PAI DI KELAS VIII SMP ISLAM PRESTASI AL MUBTADI-IEN

Muhamad Mujib, NIM.: 15410201 (2022) PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI ERA PANDEMI COVID 19: STUDI TERHADAP PEMBELAJARAN PAI DI KELAS VIII SMP ISLAM PRESTASI AL MUBTADI-IEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI ERA PANDEMI COVID 19: STUDI TERHADAP PEMBELAJARAN PAI DI KELAS VIII SMP ISLAM PRESTASI AL MUBTADI-IEN)
15410201_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI ERA PANDEMI COVID 19: STUDI TERHADAP PEMBELAJARAN PAI DI KELAS VIII SMP ISLAM PRESTASI AL MUBTADI-IEN)
15410201_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini ialah perubahan dinamika kegiatan pembelajaran akibat pandemi Covid-19. Adanya pandemi Covid-19 menuntut dunia, termasuk Pendidikan harus beradaptasi dan menyesuaikan diri agar proses kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, di sisi lain penyebaran virus Covid-19 juga dapat diminimalisir. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui metode apa yang digunakan dalam pembelajaran PAI jarak jauh di kelas VIII SMP Islam Prestasi Al-Mubtadi-Ien, bagaimana metode tersebut diterapkan pada pembelajaran PAI jarak jauh, dan untuk mengetahui bagaimana analisis kognitif metode yang digunakan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu menjelaskan suatu fenomena terkini melalui wawancara terbuka untuk mengkaji dan memahami kejadian-kejadian yang terjadi selama pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SMP Islam Prestasi Al Mubtadi-Ien Bantul pada masa pandemi Covid 19. Teknik analisis data yang digunakan ialah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilihan metode ceramah sebagai metode pembelajaran efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran jarak jauh di kelas VIII SMP Islam Prestasi Al Mubtadi-Ien. Beberapa tahapan yang harus diperhatikan dalam penggunaan metode ceramah ialah: menyampaikan tujuan pembeleajaran, menyesuaikan ketepatan metode, mengelola perhatian dan kondisi peserta didik, presentasi materi, memberikan konklusi, dan melakukan evaluasi. Penggunaan metode ceramah pada pembelajaran jarak jauh Pendidikan Agama Islam di SMP IP Al Mubtadi-Ien, terutama di kelas VIII menekankan pada pemahaman peserta didik atas materi yang disampaikan oleh guru, dengan bantuan platform tambahan untuk mengoptimalkan proses kegiatan belajar mengajar. Kendala yang dihadapi ialah kurangnya pendamipingan orang tua kepada anak sebab tidak banyak orang tua yang bisa melakukan WFH (work from home) di tengah situasi pandemi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran jarak jauh, Pendidikan Agama Islam, Pandemi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 28 Jul 2022 13:57
Last Modified: 28 Jul 2022 13:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52191

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum