TINJAUAN FIKIH MUAMALAT TERHADAP LISENSI PERFORMING RIGHTS ATAS HAK CIPTA LAGU ATAU MUSIK DALAM UNDANGUNDANG RI NO. 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA

Ganank Allan Alfonda, NIM.: 17103080032 (2022) TINJAUAN FIKIH MUAMALAT TERHADAP LISENSI PERFORMING RIGHTS ATAS HAK CIPTA LAGU ATAU MUSIK DALAM UNDANGUNDANG RI NO. 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN FIKIH MUAMALAT TERHADAP LISENSI PERFORMING RIGHTS ATAS HAK CIPTA LAGU ATAU MUSIK DALAM UNDANGUNDANG RI NO. 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA)
17103080032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN FIKIH MUAMALAT TERHADAP LISENSI PERFORMING RIGHTS ATAS HAK CIPTA LAGU ATAU MUSIK DALAM UNDANGUNDANG RI NO. 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA)
17103080032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Di Indonesia sendiri, perkembangan industri lagu atau musik sudah berkembang sangat pesat, terbukti dari banyaknya pilihan lagu dari berbagai genre musik yang tercipta kemudian tersebar dan dinikmati oleh masyarakat luas. Hal tersebut dapat menjadi potensi yang besar untuk meningkatkan kesejahteraan tidak hanya bagi penciptanya tetapi juga bagi ekonomi kreatif dan industri kreatif di Indonesia. Sebagai konsekuensi lagu atau musik yang merupakan karya cipta yang dilindungi hak cipta, maka setiap orang/badan usaha yang ingin melakukan perbuatan pengekspoitasian hak ekonomi untuk mengumumkan (performing rights) hasil ciptaan lagu atau musik untuk suatu kegiatan usaha komersial harus meminta izin terlebih dahulu kepada penciptanya dan atau kepada pemegang hak ciptanya yang sah melalui perjanjian lisensi. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah lisensi performing rights atas hak cipta lagu atau musik dalam Undang-Undang RI No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, (2) Bagaimanakah tinjauan fikih muamalat terhadap lisensi performing rights atas hak cipta lagu atau musik dalam Undang-Undang RI No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pustaka yang bersifat deskriptif-analitik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan mengkaji dan menelaah undang-undang dan peraturan pelaksananya. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis normatif, yaitu menganalisis pokok persoalan yang berupa undang-undang dan peraturan pelaksananya dengan menggunakan teori-teori yang ada dalam fiqih muamalat. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, (1) Perjanjian lisensi performing rights antara pemberi lisensi dengan penerima lisensi berlaku mengikat terhadap hak dan kewajiban para pihak. Pemilik lisensi dapat memberikan izin kepada penerima lisensi sehingga penerima lisensi dapat leluasa memanfaatkannya untuk kegiatan usaha komersial dengan membayar royalti. Selain itu, perjanjian lisensi performing rights yang dibuat para pihak harus sesuai dengan ketentuan dalam undang-undang. (2) Perjanjian lisensi performing rights dalam fikih muamalat merupakan pengembangan dari akad sewa-menyewa (ijarah) dengan beberapa poin-poin keunikan tersendiri, namun demikian bukan menjadi larangan untuk melaksanakan akad perjanjian lisensi performing rights, sebab hal ini didasarkan kepada salah satu kaidah dalam fikih muamalat yaitu Alashlu fī al-muāmalati al ibāhah illā an yadull dalīl „alā tahrīmiha yakni suatu perkara muamalat pada dasarnya diperkenankan atau halal untuk dijalankan, kecuali jika ada bukti larangan dari sumber agama. Dalam Islam, hak cipta (haq al-ibtikar) berupa karya cipta lagu atau musik juga termasuk bagian dari mal, sehingga hak mengumumkan (performing rights) lagu atau musik yang merupakan bagian dari hak cipta dapat dijadikan objek dalam pembuatan akad, dalam hal ini perjanjian lisensi performing rights.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Syafaul Mudawam, MA, MM.
Uncontrolled Keywords: Ijarah, Lisensi, Performing Rights.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 28 Jul 2022 14:44
Last Modified: 28 Jul 2022 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52204

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum