HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TENTANG PEMBELAJARAN PKTQ (PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DAN TAHSINUL QUR’AN) DENGAN PERILAKU KEAGAMAAN MAHASISWA PADA FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Abd. Syukur Azis, NIM.: 14410034 (2018) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TENTANG PEMBELAJARAN PKTQ (PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DAN TAHSINUL QUR’AN) DENGAN PERILAKU KEAGAMAAN MAHASISWA PADA FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TENTANG PEMBELAJARAN PKTQ (PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DAN TAHSINUL QUR’AN) DENGAN PERILAKU KEAGAMAAN MAHASISWA PADA FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
14410034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TENTANG PEMBELAJARAN PKTQ (PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DAN TAHSINUL QUR’AN) DENGAN PERILAKU KEAGAMAAN MAHASISWA PADA FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
14410034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah persepsi terhadap pembelajaran PKTQ sangatlah penting bagi pengurus PKTQ karena mampu menjadi bahan evaluasi dan mampu berdampak positif terhadap perilaku keagamaan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Hubungan antara Persepsi tentang Pembelajaran PKTQ (Pengembangan Kepribadian dan Tahsinul Qur‟an) dengan Perilaku Keagamaan Mahasiswa pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, untuk mengetahui seberapa besar Hubungan Persepsi Mahasiswa tentang Pembelajaran PKTQ (Pengembangan Kepribadian dan Tahsinul Qur‟an) terhadap Perilaku Keagamaan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, dan untuk mengetahui kontribusi Persepsi Mahasiswa tentang Pembelajaran PKTQ (Pengembangan Kepribadian dan Tahsinul Qur‟an) terhadap Perilaku Keagamaan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif Populasi penelitian ini adalah mahasiswa FITK yang mengikuti program PKTQ tahun 2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling karena populasinya lebih dari 100 maka dapat diambil 10-15% atau 20-55%. Sehingga peneliti menggunakan 20% sampel dari jumlah populasi yaitu 80 mahasiswa atau responden dari anggota populasi tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil uji reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,816 dan 0,900, dengan demikian angket dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persepsi Mahasiswa tentang Pembelajaran PKTQ tergolong cukup baik dan bernilai positif, dengan presentase 31,3% dan berada pada interval 53-58. 2) Tingkat Perilaku Keagamaan mahasiswa tergolong cukup baik dan bernilai positif dengan presentase 32,5% dan berada pada interval 84-93. 3) Tingkat hubungan persepsi mahasiswa tentang pembelajaran PKTQ terhadap perilaku keagamaan adalah 14,2% sehingga berkontribusi yang cukup baik dalam mempengaruhi perilaku keagamaan mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PKTQ, Perilaku Keagamaan, Tahsinul Qur’an) .
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
al Qur'an > Tahfidz al Qur'an
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Jul 2022 11:24
Last Modified: 26 Jul 2022 11:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52235

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum