METODE BERPIKIR KRITIS BERBASIS AL-QUR’AN MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA SAINS WAHID HASYIM YOGYAKARTA

Nur Kholifatun Nazilah, NIM.: 14410058 (2018) METODE BERPIKIR KRITIS BERBASIS AL-QUR’AN MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA SAINS WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE BERPIKIR KRITIS BERBASIS AL-QUR’AN MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA SAINS WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
14410058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (METODE BERPIKIR KRITIS BERBASIS AL-QUR’AN MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA SAINS WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
14410058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwaSMA Sains Wahid Hasyim Yogyakarta menerapkan metode berpikir kritis berbasis Al-Qur’an melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penerapan metode berpikir kritis berbasis Al-Qur’an melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai sarana untuk menjadikan generasi berkepribadian Qur’ani, supaya peserta didik mampu memahami dan berlandaskan Al-Qur’an dalam melakukan berbagai hal dalam kehidupan serta mampu beraktualisasi diri dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana konsep dan penerapan metode berpikir kritis berbasis Al-Qur’an melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Sains Wahid Hasyim Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep dan penerapan metode berpikir kritis berbasis Al-Qur’an melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Sains Wahid Hasyim Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Sains Wahid Hasyim Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan pendekatan Psikologi Pendidikan, dengan menggunakan metode berpikir induktif yang didukung oleh data kualitatif, dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Konsep berpikir kritis berbasis Al-Qur’an melalui pembelajaran PAI adalah mengulang-ulang ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan materi pelajaran,menganalisis ayat yang sedang dipelajari, membedakan secara tajam kandungan dari ayat yang dipelajari, mengidentifikasi ayat per-ayat secara spesifik agar pesan yang terdapat dalam ayat Al-Qur’an dapat tersampaikan kepada peserta didik. (2) Penerapan metode berpikir kritis berbasis Al-Qur’an melalui pembelajaran PAI diterapkan dengan baik di SMA Sains Wahid Hasyim, karena dalam RPP PAI SMA Sains Wahid Hasyim menyebutkan adanya kegiatan yang mencerminkan berpikir kritis berbasis Al-Qur’an. Dalam pembelajaran PAI terdapat kegiatan menganalisis idea atau gagasan ke arah yang lebih spesifik, membedakan secara tajam, memilih, mengidentifikasi, mengkaji dan mengembangkan ke arah yang lebih sempurna.Hasil penerapan metode berpikir kritis berbasis Al-Qur’an melalui pembelajaran PAI sesuai dengan indikator-indikator berpikir kritis pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Usman, S.S., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Al-Qur’an, Pembelajaran PAI.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
al Qur'an
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Jul 2022 11:28
Last Modified: 26 Jul 2022 11:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52236

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum