PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI PERILAKU HEDONIS SISWA KELAS XII SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN SLEMAN

Enggar Sari Wening, NIM.: 14410061 (2018) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI PERILAKU HEDONIS SISWA KELAS XII SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI PERILAKU HEDONIS SISWA KELAS XII SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN SLEMAN)
14410061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI PERILAKU HEDONIS SISWA KELAS XII SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN SLEMAN)
14410061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa usia remaja merupakan usia dimana seseorang rentan terpengaruh hal-hal negatif dari luar. Salah satunya, yakni paham hedonisme. Perilaku hedonis apabila tidak segera diatasi dapat menimbulkan dampak yang buruk. Sehingga dibutuhkan pengawasan serta bimbingan, khususnya oleh guru akidah akhlak karena pendidikan moral dan agama dapat membantu untuk mengendalikan tingkah laku remaja. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: apa bentuk perilaku hedonis, apa faktor penyebab perilaku hedonis, bagaimana peran guru akidah akhlak dalam mengatasi perilaku hedonis, serta apa hambatan yang dihadapi guru akidah akhlak dalam mengatasi perilaku hedonis siswa kelas XII SMK Muhammadiyah Prambanan Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk perilaku dan faktor penyebab perilaku hedonis serta peran sekaligus hambatan guru dalam mengatasi perilaku hedonis siswa kelas XII. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMK Muhammadiyah Prambanan Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Bentuk perilaku hedonis siswa meliputi sikap konsumtif, mengikuti trend, dan pandangan hidup materialistis. (2) Faktor penyebab perilaku hedonis siswa ada 3, yaitu faktor keluarga, lingkungan, serta perkembangan zaman. (3) Terdapat 4 peran guru akidah akhlak dalam mengatasi perilaku hedonis siswa, yakni penekanan materi, menekankan penilaian pada perilaku, melakukan pendekatan, serta pertemuan dengan orang tua. (4) Hambatan guru akidah akhlak dalam mengatasi perilaku hedonis siswa, yakni kurangnya respon, orang tua pasif, waktu pengawasan kurang, serta adanya provokasi dari luar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad Hanany Naseh, MA
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Akidah Akhlak, Perilaku Hedonis
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat

Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Jul 2022 11:32
Last Modified: 26 Jul 2022 11:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52237

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum