MODEL ZAKAT PRODUKTIF BAZNAS KOTA YOGYAKARTA DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MUSTAHIK (STUDI BAZNAS YOGYAKARTA)

May Laylatul Istiqomah, NIM.: 20203011042 (2022) MODEL ZAKAT PRODUKTIF BAZNAS KOTA YOGYAKARTA DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MUSTAHIK (STUDI BAZNAS YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL ZAKAT PRODUKTIF BAZNAS KOTA YOGYAKARTA DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MUSTAHIK (STUDI BAZNAS YOGYAKARTA))
20203011042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MODEL ZAKAT PRODUKTIF BAZNAS KOTA YOGYAKARTA DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MUSTAHIK (STUDI BAZNAS YOGYAKARTA))
20203011042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Zakat produktif merupakan zakat yang diberikan kepada mustahik sebagai modal untuk menjalankan suatu kegiatan ekonomi, yakni untuk menumbuhkan serta mengembangkan tingkat kesejahteraan ekonomi dan potensi produktifitas mustahik. BAZNAS Kota Yogyakarta sudah ada 100 orang yang mendapatkan bantuan atau telah diberikan zakat produktif, namun kurang maksimalnya pendampingan yang mengakibatkan sebagian mustahik menyalahgunakan zakat produktif tersebut dalam hal yang konsumtif. Permasalahan kemiskinan yang terjadi senantiasa menarik untuk dikaji karena merupakan salah satu masalah yang cukup serius dalam menyangkut kehidupan pada manusia. Kemiskinan merupakan salah satu masalah yang tidak bisa dianggap mudah untuk dicarikan solusinya karena sudah sejak lama dan menjadi kenyataan yang hidup ditengan masyarakat. Adapun salah satu program berekelanjutan pemerintah di Indonesia adalah SDGs adalah pembangunan berekelanjutan yang mempunyai tujuan yakni sebagai pembangunan yang menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan pembangunan yang menjaga keberlanjutan untuk kehidupan sosial masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model zakat produktif pada BAZNAS Kota Yogyakarta serta dampaknya terhadap kesejahteraan ekonomi mustahik. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah jenis lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang peneliti gunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Setelah data data terkumpul maka peneliti mengenalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan metode berfikir induktif. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa lembaga BAZNAS Kota Yogyakarta telah menjalankan program dengan model zakat produktif dengan baik. Namun perlu adanya peningkatan dalam hal pengawasan, pengawasan dan juga pengontrolan terhadap para mustahik pada BAZNAS Kota Yogyakarta belum dilaksanakan dengan secara maksimal sehingga mengakibatkan sebagian dari mustahik tidak cukup mampu mengelola modal usaha tersebut dengan baik dan juga sesuai pada menejemen usaha yang akhirnya mengakibatkan perkembangan kesejahteraan ekonomi dan perkembangan usaha yang dikelola tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Abdul Mughits, S.Ag.,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Model zakat produktif, kesejahteraan ekonomi.
Subjects: Ilmu Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Magister Ilmu Syari'ah (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 29 Jul 2022 15:09
Last Modified: 29 Jul 2022 15:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52251

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum