PENGUATAN SISTEM DATABASE MUSTAHIK BAZNAS PERSPEKTIF MAQASID ASY-SYARI‘AH JASER ‘AUDAH (PASCA KEPUTUSAN KETUA BAZNAS NOMOR 33 TAHUN 2019)

Herdifa Pratama, S.H, NIM.: 20203011036 (2022) PENGUATAN SISTEM DATABASE MUSTAHIK BAZNAS PERSPEKTIF MAQASID ASY-SYARI‘AH JASER ‘AUDAH (PASCA KEPUTUSAN KETUA BAZNAS NOMOR 33 TAHUN 2019). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGUATAN SISTEM DATABASE MUSTAHIK BAZNAS PERSPEKTIF MAQASID ASY-SYARI‘AH JASER ‘AUDAH (PASCA KEPUTUSAN KETUA BAZNAS NOMOR 33 TAHUN 2019))
20203011036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGUATAN SISTEM DATABASE MUSTAHIK BAZNAS PERSPEKTIF MAQASID ASY-SYARI‘AH JASER ‘AUDAH (PASCA KEPUTUSAN KETUA BAZNAS NOMOR 33 TAHUN 2019))
20203011036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Eksistensi pengelolaan zakat yang direpresentasikan oleh Baznas memiliki potensi untuk mengentaskan permasalahan kemiskinan di Indonesia. Melalui penyaluran zakat, akan tercipta distribusi pendapatan antara si kaya dan si miskin. Namun, upaya tersebut tidak terlepas dari berbagai permasalahan. Satu di antaranya ialah kebutuhan Baznas terhadap sistem database mustahik yang mampu mengakomodir penyaluran zakat secara tepat sasaran. Permasalahan inilah yang kemudian diangkat dalam penelitian ini, sejauh mana persinggungan antara konsep penguatan sistem database mustahik Baznas dengan Maqa>s}id asy-Syari>‘ah Ja>ser ‘Audah, sejauh mana fitur-fitur Maqa>s}id asy-Syari>‘ah Ja>ser ‘Audah telah terpenuhi dalam penguatan sistem database mustahik Baznas, dan apa saja peluang dan tantangan dari pelaksanaan Keputusan Ketua Baznas Nomor 33 Tahun 2019 terkait penguatan sistem database mustahik Baznas. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan normatif-filosofis. Penggunaan teori Maqa>s}id asy-Syari>‘ah Ja>ser ‘Audah dalam penelitian ini digunakan sebagai perspektif dalam menganalisis konsep penguatan sistem database mustahik Baznas. Keberadaan data primer berupa Keputusan Ketua Baznas Nomor 33 Tahun 2019 tentang Nomor Identifikasi Mustahik dan data sekunder berupa literatur terkait zakat, Baznas, dan kemiskinan kemudian dianalisis dengan teknik analisis isi (content analysis) untuk mengetahui makna terkait penguatan sistem database mustahik Baznas. Berdasarkan penelitian ini dapat dijelaskan bahwa persinggungan antara konsep penguatan sistem database mustahik Baznas dengan Maqa>s}id asy-Syari>‘ah Ja>ser ‘Audah terletak pada tujuan untuk mewujudkan penyaluran zakat yang menyasar kepada fakir miskin secara tepat sasaran. Hal tersebut sejalan dengan Maqa>s}id asy-Syari>‘ah Ja>ser ‘Audah yang mengarah kepada nilai-nilai kemanusiaan dan hak asasi manusia. Penguatan sistem database mustahik Baznas juga telah memenuhi keenam fitur Maqa>s}id asy-Syari>‘ah Ja>ser ‘Audah. Pelaksanaan terhadap konsep penguatan sistem database mustahik Baznas selain menawarkan sejumlah peluang yang meliputi aspek pengelolaan zakat, pembangunan ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan penegakan HAM juga menghadirkan beberapa tantangan seperti integrasi data yang majemuk, kualitas sumber daya amil, kebutuhan fasilitas penunjang, dan keamanan data. Kedua hal tersebut menjadi hal yang harus diperhatikan Baznas guna mengentaskan kemiskinan melalui penguatan sistem database mustahik Baznas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Gusnam Haris, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Fakir Miskin, Jaser ‘Audah, Maqasid asy-Syari‘ah, Sistem Database Mustahik
Subjects: Hukum Islam > Zakat
Ilmu Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Magister Ilmu Syari'ah (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 29 Jul 2022 15:11
Last Modified: 29 Jul 2022 15:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52254

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum