KETIMPANGAN KOMPETENSI SANTRI DALAM BERBAHASA ARAB (Studi Analisis Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab Reseptif dan Produktif di Pondok Pesantren Al-Baqiyatush Shalihat Kuala Tungkal)

Ahmad Jamhuri, NIM.: 1420410076 (2018) KETIMPANGAN KOMPETENSI SANTRI DALAM BERBAHASA ARAB (Studi Analisis Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab Reseptif dan Produktif di Pondok Pesantren Al-Baqiyatush Shalihat Kuala Tungkal). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KETIMPANGAN KOMPETENSI SANTRI DALAM BERBAHASA ARAB (Studi Analisis Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab Reseptif dan Produktif di Pondok Pesantren Al-Baqiyatush Shalihat Kuala Tungkal))
1420410076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KETIMPANGAN KOMPETENSI SANTRI DALAM BERBAHASA ARAB (Studi Analisis Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab Reseptif dan Produktif di Pondok Pesantren Al-Baqiyatush Shalihat Kuala Tungkal))
1420410076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji ketimpangan kompetensi santri dalam berbahasa Arab, melalui analisis atas pembelajaran keterampilan bahasa Arab reseptif dan produktif di pondok pesantren al-Baqiyatush Shalihat Kuala Tungkal. Fokus penelitian ini diarahkan pada kajian tentang bagaimana proses pembelajaran keterampilan bahasa Arab reseptif dan produktif, apa faktor yang mendorong kompetensi santri berbahasa Arab menjadi timpang, dan bagaimana upaya solutif menyeimbangkan keterampilan berbahasa reseptif dan produktif di pondok pesantren al-Baqiyatush Shalihat Kuala Tungal. Permalasahan tersebut dianalisis menggunakan pedekatan fenomenologi, yakni berpijak pada pengalaman-pengalaman yang didasari oleh kesadaran dari beberapa individu secara alami. Selain itu, penelitian ini juga bersandar pada teori dan prinsip-prinsip yang berkembang dalam proses pembelajaran bahasa. Melalui pendekatan ini penulis mempelajari antara fenomena dan prinsip-prinsip dalam proses pembelajaran bahasa Arab, sehingga penulis menemukan konsep yang relevan dengan isu yang diteliti. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yakni bermaksud memahami fenomena yang dialami oleh subjek penelitian, misalnya perilaku, persepsi dan tindakan dalam proses pembelajaran keterampilan berbahasa Arab reseptif dan produktif di pondok pesantren al-Baqiyatush Shalihat Kuala Tungkal. Secara sistematis, prosedur dalam memahami fenomena tersebut menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan uji keabsahan data menggunakan analisis data dan trianggulasi. Selanjutnya, fenomena-fenomena itu dideskripsikan dalam bentuk kata-kata dan bahasa dalam sebuah tulisan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran bahasa Arab di pondok pesantren al-Baqiyatush Shalihat memiliki dua tujuan pokok. Pertama, agar santri mudah memahami pengetahuan Islam yang terkandung dalam kitabkitab Arab klasik. Kedua, agar santri memiliki kompetensi berbahasa Arab, baik yang bersifat reseptif maupun produktif. Dalam pelaksanaanya, tujuan kegiatan yang kedua ini belum mencapai hasil yang maksimal. Hal ini bisa dilihat dari tingkat keterampilan santri pada bahasa Arab reseptif lebih tinggi dibandingkan dengan keterampilan bahasa Arab produktif. Ketimpangan kompetensi tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, yakni profesionalisme guru, metode pembelajaran, fasilitas penunjang, dan lingkungan pembelajaran. Atas dasar ini porsi dan proporsi pengajaran keterampilan bahasa Arab menjadi kurang seimbang. Adapun upaya solutif dalam mengatasi masalah ini adalah dengan meningkatkan motivasi, pembeharuan sistem pembelajaran, pelatihan bagi tenaga pengajar, dan penyediaan sarana yang memadai.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Akhmad Patah, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Bahasa, Pembelajaran Pesantren, Pondok Pesantren
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Bahasa Arab
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 27 Jul 2022 15:48
Last Modified: 27 Jul 2022 15:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52265

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum