PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KARIER BERBASIS LIFE SKILLS TERHADAP PERENCANAAN STUDI LANJUT SISWA MAN 3 SLEMAN YOGYAKARTA

Nasabun, NIM.: 1420410090 (2018) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KARIER BERBASIS LIFE SKILLS TERHADAP PERENCANAAN STUDI LANJUT SISWA MAN 3 SLEMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KARIER BERBASIS LIFE SKILLS TERHADAP PERENCANAAN STUDI LANJUT SISWA MAN 3 SLEMAN YOGYAKARTA)
1420410090_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KARIER BERBASIS LIFE SKILLS TERHADAP PERENCANAAN STUDI LANJUT SISWA MAN 3 SLEMAN YOGYAKARTA)
1420410090_BAB-II_III_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pemberian layanan informasi karier berbasis life skills terhadap perencanaan studi lanjutsiswa MAN 3 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian eksperimen pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 3 Sleman Yogyakarta tahun ajaran 20172018. Yang berjumlah 32 siswa yang dipilih berdasarkan hasil pencapaian tes penjajagan, kemudian dibagi kedalam dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Data penelitian diambil dengan menggunakan pre-test, postest, wawancara dan angket. Setelah data terkumpul dianalisis menggunakan Uji T-Test. Independen sample test untuk menganalisis perbedaan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dan paired sample test untuk menganalisis perbedaan hasil pre-test dan posttest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan karier berbasis life skills mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap rencana studi lanjut. Hasil tersebut dapat dilihat pada output analisis hasil Uji Beda Selisih Skor Pre-Test dengan Post-Test pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukan nilai signifikansi sebesar 0.000 adalah lebih kecil dari 0.05 (0.000 < 0.05) yang berarti Ho ditolak dan Hi diterima, berarti hipotesis diterima dengan kriteria nilai signifikansi < 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan karier berbasis life skills efektif meningkatkan pemahaman dalam perencanaan studi lanjut. Hal ini menunjukan bahwa ada perbedaan selisih nilai pre-test dan post-test antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan karier berbasis life skills, efektif untuk meningkatkan pemahaman perencanaan studi lanjut pada siswa MAN 3 Sleman Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Musthofa, S.Ag.
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Karier, Life Skills, Perencanaan Studi Lanjut
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 27 Jul 2022 15:49
Last Modified: 27 Jul 2022 15:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52266

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum