PARTISIPASI GURU PAI DALAM MEMBANGUN PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA

Aldila Siddiq Hastomo, NIM.: 1420411050 (2018) PARTISIPASI GURU PAI DALAM MEMBANGUN PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PARTISIPASI GURU PAI DALAM MEMBANGUN PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PARTISIPASI GURU PAI DALAM MEMBANGUN PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa kekerasan terhadap peserta didik masih sering terjadi di dalam lingkungan sekolah. Dalam sebuah riset yang dilakukan LSM Plan International dan International Center for Research on Women (ICRW) yang dirilis awal Maret 2015 menunjukkan fakta bahwa terdapat 84% anak di Indonesia mengalami kekerasan di sekolah. Dari kegelisahan itulah muncul gagasan program sekolah ramah anak oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melalui Permen Nomor 8 Tahun 2014 Tentang Kebijakan Sekolah Ramah Anak. Kemudian oleh pemerintah Kota Surakarta disambut baik dengan mensosialisasikan program sekolah ramah anak ini ke sekolah-sekolah se-kota surakarta termasuk SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Maka sesuai dengan kelimuan yang peneliti miliki, Peneliti dalam hal ini memfokuskan penelitian pada partisipasi guru PAI dalam Membangun program sekolah ramah di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) yang bersifat kualitatif, dengan mengambil latar SMP Mhammadiyah 5 Surakarta. Pendekatan yang digunakan adalah sosiologis. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, al-Islam, kesiswaan, guru PAI, dan siswa SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Sedangkan obyek penelitiannya berkaitan dengan penerapan program sekolah ramah anak dan partisipasi guru PAI di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, dalam membangun program sekolah ramah anak SMP Muhammadiyah 5 Surakarta menerapkan berbagai kebijakan sekolah di antaranya, kurikulum, manajemen dan peraturan sekolah, sarana prasarana dan lingkungan, serta membentuk komunikasi interpersonal sehari-hari antara pemangku kepentingan dengan peserta didik dengan telah berpegang kepada prinsip-prinsip sekolah ramah anak. Kedua, Partisipasi guru PAI dalam program sekolah ramah anak diantaranya: menekan kenakalan melalui mentoring siswa; guru PAI berkoordinasi dengan guru BP dalam menangani siswa yang bermasalah dalam hal pemberian sanksi ramah anak; mengembangakan budaya religius dan menciptakan suasana agamis di sekolah; bertanggungjawab memelihara kenyamanan sarana ibadah di mushola; menjadi penanggungjawab semua kegiatan ibadah di sekolah. Problem yang muncul dalam membangun sekolah ramah anak yaitu: kedekatan kepada siswa yang tidak dibatasi menyebabkan sikap kurang sopan kepada guru; siswa yang berani dengan guru menolak diberikan sanksi; kurangnya dukungan guru-guru Non PAI terhadap program-program PAI. Problem diatasi dengan: guru PAI berusaha menjadi teladan di sekolah dengan selalu menunjukkan akhlaq yang penuh hormat kepada sesama guru agar siswa juga memandang guru dengan penuh hormat; guru PAI menggunakan peringatan dengan surat pernyataan dan peringatan akan dikeluarkan dari sekolah serta lebih meningkatkan cara pencegahan dengan berusaha memaksimalkan internalisasi nilai-nilai akhlaq Islami dengan kegiatan-kegiatan keagamaan; Guru PAI melakukan koordinasi dengan guru-guru non-PAI dan melibatkannya dalam kegiatan keagamaan di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sabarudin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Sekolah Ramah Anak, Pembelajaran Sekolah, Permasalahan Siswa
Subjects: Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 27 Jul 2022 15:51
Last Modified: 27 Jul 2022 15:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52269

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum