HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP ETOS KERJA MASYARAKAT DI DUSUN BUNGMANIS, DESA PUCANGANOM, KEC. RONGKOP, GUNUNGKIDUL.

Anisa Nurdila, NIM.: 12720036 (2016) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP ETOS KERJA MASYARAKAT DI DUSUN BUNGMANIS, DESA PUCANGANOM, KEC. RONGKOP, GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP ETOS KEI:_JA MASYARAKAT DI DUSUN BUNGMANIS, DESA PUCANGANOM, KEE. RONGKOP, GUNUNGKIDUL.)
12720036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP ETOS KEI:_JA MASYARAKAT DI DUSUN BUNGMANIS, DESA PUCANGANOM, KEE. RONGKOP, GUNUNGKIDUL.)
12720036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (926kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data laporan praktik penelitian sosial yang dilakukan peneliti pada April 2015 di Dusun Bungmanis, Desa Pucanganom, Kecamatan Rongkop, Gunungkidul, dari 309 jumlah penduduk terdapat 68 orang yang tidak sekolah, 138 orang yang tamat SD, 79 orang yang tamat SMP, 21 orang yang tamat SMA, 3 orang yang tamat DIII. Tidak jarang peneliti menemukan banyak usia produktif muda dengan tingkat pendidikan Sekolah Dasar yang pergi merantau, tujuannya untuk bekerja demi memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Sebagian besar alasan untuk pergi merantau dikarenakan tidak tersediannya lapangan pekerjaan dengan kondisi alam yang tandus, sehingga, lahan pertanian sulit dimanfaatkan untuk bercocok tanam. Demi kelangsungan hidup, maka masyarakat Dusun Bungmanis 50 persen pergi keluar daerah untuk melangsungkan kehidupannya. Keputusan untuk meninggalkan kampung halaman tentu tidak terlepas dari etos kerja yang mereka bawa, karena mereka menyadari bahwa mereka mempunyai tanggung jawab terhadap dirinya pribadi untuk membuktikan bahwa mereka juga berhak memiliki rumah, harta dan barang berharga lainnya Oleh sebab itu didakan penelitian dengan hasil, bahwasannya latar belakang pendidikan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap etos kerja. Hasil uji korelasi antara variabel X dan variabel Y sebesar 0.622 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.05 (0.622>0.05) apabila thitung > ttabel maka tidak terdapat hubungan dari kedua variabel tersebut. Berdasarkan hasil analisis dari data penelitian, maka hipotesis pertama atau H0 yang menyatakan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dan Y diterima. Sedangkan hipotesis alternative atau Ha yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dan Y dalam penelitian ini ditolak. Hipotesis dalam penelitian ini diterima karena etos kerja masyarakat tidak hanya dipengaruhi oleh tingkat pendidikan, tetapi ada banyak faktor lain yang mempengaruh, yaitu faktor agama, budaya, sosial politik, kondisi lingkungan/geografis, struktur ekonomi, dan motivasi instrinsik individu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Napsiah, S.Sos., Si.
Uncontrolled Keywords: Etos Kerja Masyarakat, Pendidikan, Literasi Masyarakat
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Jul 2022 09:43
Last Modified: 27 Jul 2022 09:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52270

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum