KONSEP HUMANISASI PENDIDIKAN: STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN DRIJARKARA DAN BADEN POWELL

Irfan Firmansyah, NIM.: 15510050 (2022) KONSEP HUMANISASI PENDIDIKAN: STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN DRIJARKARA DAN BADEN POWELL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP HUMANISASI PENDIDIKAN: STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN DRIJARKARA DAN BADEN POWELL)
15510050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONSEP HUMANISASI PENDIDIKAN: STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN DRIJARKARA DAN BADEN POWELL)
15510050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dehumanisasi pendidikan dalam bentuk diskriminasi masih banyak bermunculan hingga saat ini di Indonesia. Kasus nyata dari dehumanisasi tersebut berupa kewajiban mengenakan jilbab bagi siswi non-muslim di SMK Negeri 2 Padang tahun 2021, dan tiga siswa penganut kepercayaan Saksi Yehuwa tidak naik kelas selama tiga tahun ajaran berturut-turut di Sekolah Dasar Negeri di Tarakan, Kalimantan Utara tahun 2021. Selain itu, dehumanisasi pendidikan juga terjadi dalam kurikulum. Perubahan berkali-kali dalam kurikulum mulai dari tahun 1947 hingga yang terbaru kurikulum merdeka belajar tahun 2022 mengakibatkan beberapa sekolah kesulitan untuk melakukan adaptasi dalam penerapan kurikulum yang berakibat pada tidak maksimalnya proses belajar mengajar di sekolah. Berangkat dari dua permasalahan diatas maka akan dilakukan penelitian tentang Humanisasi Pendidikan, yang nantinya akan digunakan sebagai objek material dalam penelitian. Kemudian penelti juga akan menggunakan perspektif dari dua tokoh pendidikan yakni Drijarkara dan Baden Powell sebagai objek formalnya. Sehingga rumusan masalah nantinya ialah tentang apa itu humanisasi pendidikan, lalu bagaimana Konsep Humanisasi Pendidikan Perspektif Drijarkara dan Baden Powell, serta bagaimana persamaan dan perbedaan dari Konsep Humanisasi Pendidikan Driyarkara dan Baden powell. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif. Metode yang dilakukan dengan membandingkan persamaan dan perbedaan pemikiran tentang Konsep Humanisasi Pendidikan dari dua tokoh. Disini tokoh yang akan dilakukan perbandingan dalam pemikirannya adalah Drijarkara dan Baden Powell tentang Konsep Humanisasi Pendidikan. Kemudian pendekatan dalam penelitian ini ialah bersifat sosiologis dan filosofis. Hasil temuan dari penelitian ini ialah persamaan Konsep Humanisasi Pendidikan Perspektif Drijarkara dan Baden Powell berupa: Harmonisasi antara Manusia dengan Alam dalam Pendidikan, Makna Mendidik dalam pendidikan, dan Memprioritaskan Sisi Humanistik Dalam Pendidikan,. Kemudian perbedaan dari Konsep Humanisasi Pendidikan Perspektif Drijarkara dan Baden Powell berupa: Aliran Filsafat pendidikan, Orientasi Konsep Humanisasi Pendidikan, dan Implementasi Konsep Humanisasi Pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Fahruddin Faiz, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: humanisasi, pendidikan, Drijarkara, Baden Powell
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 29 Jul 2022 15:34
Last Modified: 29 Jul 2022 15:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52279

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum