PENGARUH PERKEMBANGAN LIPPO PLAZA MALL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL KEAGAMAAN MASYARAKAT SEKITAR DEMANGAN (Studi.Kasus.Masyarakat Kelurahan Demangan, Kec. Gondokusuman, Kota. Yogyakarta, DI. Yogyakarta)

Muh Irfan, NIM.: 15540087 (2022) PENGARUH PERKEMBANGAN LIPPO PLAZA MALL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL KEAGAMAAN MASYARAKAT SEKITAR DEMANGAN (Studi.Kasus.Masyarakat Kelurahan Demangan, Kec. Gondokusuman, Kota. Yogyakarta, DI. Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERKEMBANGAN LIPPO PLAZA MALL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL KEAGAMAAN MASYARAKAT SEKITAR DEMANGAN (Studi.Kasus.Masyarakat Kelurahan Demangan, Kec. Gondokusuman, Kota. Yogyakarta, DI. Yogyakarta))
15540087_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERKEMBANGAN LIPPO PLAZA MALL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL KEAGAMAAN MASYARAKAT SEKITAR DEMANGAN (Studi.Kasus.Masyarakat Kelurahan Demangan, Kec. Gondokusuman, Kota. Yogyakarta, DI. Yogyakarta))
15540087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pengaruh Perkembangan Lippo Plaza Mall salah satu perkembangan terbaru dalam masyarakat modern adalah fenomena perubahan sosial yang menarik perhatian penulis dan mendorongnya untuk mengkaji lebih jauh fenomena tersebut terhadap perubahan sosial di masyarakat Kelurahan Demangan. Metode penelitian kualitatif menjadi dasar penelitian ini yang menggunakan sumber data dari Kelurahan Demangan untuk mengeksplorasi perubahan sosial di masyarakat Kelurahan Demangan. Dan penelitian ini menggunakan teori Perubahan sosial dari Max Weber. Perubahan sosial keagamaan dalam masyarakat Kelurahan Demangan dapat dilihat sebagai perubahan pola hubungan yang kurang adaptif ini antara tradisi dan modernitas yang selama ini terjadi di Kelurahan Demanagan. Proses kurang adaptif ini tidak selalu mengarah pada sinkretisme di kalangan masyarakat Demangan, tetapi modernisasi perubahan sosial yang terjadi di masyarakat seringkali dapat menjadi alat penting bagi perkembangan di setiap ruang dan waktu. Namun di sisi lain, relasi dari agen perubahan pada saat itu memunculkan berbagai bentuk perubahan sosial keagamaan yang mulai diabaikan oleh masyarakat. Masyarakat Kelurahan Demangan saat ini lebih spesifik mengenai usaha modernisasi yang datang kepada mereka, memang modernisasi digunakan sebagai instrumen pendukung dalam memajukan keberadaan masyarakatnya yang awalnmya tradisionalis. Namun demikian, kerangka keyakinan budaya lokal mulai menghilang dan pola komunikasi berubah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nurus Sa’adah, S.psi., M.Si., Psi.
Uncontrolled Keywords: Perubahan Sosial, Masyarakat Kelurahan Demangan, Modernitas
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 01 Aug 2022 11:28
Last Modified: 01 Aug 2022 11:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52297

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum