PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDNBUNDER II, PATUK, GUNUNGKIDUL

Luluk Tri Sumarjianto, NIM.: 10416009 (2015) PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDNBUNDER II, PATUK, GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDNBUNDER II, PATUK, GUNUNGKIDUL)
10416009 File 1.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDNBUNDER II, PATUK, GUNUNGKIDUL)
10416009 File 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kurangnya kesiapan guru dalam mengelola pembelajaran berakibat pada hasil pembelajaran yang dilaksanakan. Guru menjadi kurang inovatif dan tidak kreatif dalam menerapkan metode pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang sering diterapkan oleh guru dalam proses pembelajaran adalah metode demonstrasi. Seharusnya, metode demonstrasi dapat menjadi salah satu metode pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode demonstrasi adalah suatu cara atau teknik pembelajaran yang digunakan guru pada saat menyajikan bahan pelajaran dimana guru menjadi pemeran utama dalam menciptakan situasi demonstrasi yang edukatif. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah (1) untuk menjelaskan pelaksanaan pembelajaran PAI dengan implementasi metode demonstrasi di kelas II SDN Bunder II, Patuk, Gunungkidul, (2) untuk menggambarkan motivasi belajar siswa kelas II SDN Bunder II, Patuk, Gunungkidul sebelum dan sesudah implementasi metode demonstrasi, dan (3) untuk membuktikan pengaruh metode demonstrasi terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas II SDN Bunder II, Patuk, Gunungkidul. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas II SDN Bunder II, Patuk, Gunungkidul. Pemilihan terhadap kelas yang menjadi sampel penelitian ini didasarkan pada motivasi belajar siswa yang masih kurang baik dalam pembelaaran PAI. Adapun kelas yang dijadikan sebagai kelas eksperimen adalah kelas II SDN Bunder II, Patuk, Gunungkidul tahun pelajaran 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data dilakukan melalui analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI dengan implementasi metode Demonstrasi di kelas II SDN Bunder II, Patuk, Gunungkidul diawali dengan perencanaan, kemudian pelaksanaan, dan evaluasi. Pada saat perencanaan, guru melakukan penyusunan RPP. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan sesuai dengan RPP yang telah disusun sebelumnya. Evaluasi terhadap pembelajaran PAI dengan implementasi metode Demonstrasi di kelas II SDN Bunder II, Patuk, Gunungkidul dilakukan melalui metode tes dan non tes. Motivasi belajar siswa kelas II SDN Bunder II, Patuk, Gunungkidul sebelum dan sesudah implementasi metode Demonstrasi mengalami perubahan. Ada pengaruh metode Demonstrasi terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas II SDN Bunder II, Patuk, Gunungkidul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: H. Suwadi, M.Ag, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI, Demonstrasi, Motivasi Belaja
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Jul 2022 14:03
Last Modified: 27 Jul 2022 14:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52306

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum