PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN METODE STORYTELLING DI SD MUHAMMADIYAH KLECO KOTAGEDE YOGYAKARTA

Herlisa, NIM.: 10416032 (2014) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN METODE STORYTELLING DI SD MUHAMMADIYAH KLECO KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN METODE STORYTELLING DI SD MUHAMMADIYAH KLECO KOTAGEDE YOGYAKARTA)
10416032 - File 1.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN METODE STORYTELLING DI SD MUHAMMADIYAH KLECO KOTAGEDE YOGYAKARTA)
10416032 - File 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah SD Muhammadiyah Kleco Kotagede Yogyakarta, adalah salah satu lembaga Pendidikan Sekolah Dasar bercirikan Islam, yang juga menggunakan metode storytelling sebagai metode pembelajaran dalam Pendidikan Agama Islam. Rumusan masalah yang ada dalam skripsi adalah mengapa guru PAI menggunakan metode storytelling dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, bagaimana penerapan metode storytelling dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, apa upaya guru dalam penerapan metode storytelling dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Kleco Kotagede Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan guru PAI menggunakan metode storytelling dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, mengetahui bagaimana penerapan metode storytelling dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, serta mengetahui upaya guru dalam penerapan metode storytelling dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, yang bersifat kualitatif dengan mengambil latar SD Muhammadiyah Kleco Kotagede Yogyakarta. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yaitu dengan cara analisa yang menggunakan kata-kata untuk menjelaskan (describe) fenomena atau data yang didapatkan. Hasil penelitian : (1) Alasan guru Pendidikan Agama Islam menggunakan metode storytelling adalah efektif, menumbuhkan kasih sayang, kreatif, komunikatif, serta mengoptimalkan aspek perkembangan. (2) Penerapan metode storytelling dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Kleco Kotagede Yogyakarta adalah, merumuskan tujuan pembelajaran, menyiapkan materi, teknik penyampaian materi, menentukan media, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. 3) Upaya guru dalam penerapan metode storytelling adalah mengkondisikan kelas, membuat peraturan, memberikan reward, sanksi, menyiapkan media, dan membuat buku penghubung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: H. Suwadi, M.Ag,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Storytelling, Proses Belajar Mengajar, Pembelajaran PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Jul 2022 14:42
Last Modified: 27 Jul 2022 14:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52311

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum