RELASI ANTARA PERILAKU BERCADAR DI KALANGAN MAHASISWI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA PURWAKARTA DENGAN HADIS-HADIS NABI

Ahmad Fudoli Jalalul Bukhori, NIM.: 17105050051 (2022) RELASI ANTARA PERILAKU BERCADAR DI KALANGAN MAHASISWI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA PURWAKARTA DENGAN HADIS-HADIS NABI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RELASI ANTARA PERILAKU BERCADAR DI KALANGAN MAHASISWI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA PURWAKARTA DENGAN HADIS-HADIS NABI)
17105050051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (RELASI ANTARA PERILAKU BERCADAR DI KALANGAN MAHASISWI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA PURWAKARTA DENGAN HADIS-HADIS NABI)
17105050051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pada realitanya, perilaku bercadar yang memang tengah dapat ruangnya di kalangan mahasiswi dan kalangan publik, juga masuk dan hidup dengan begitu dinamis di kalangan mahasiswi itu sendiri. Tren cadar masuk dan menjelma menjadi berbagai perilaku keagamaan, bahkan hingga menjadi kegiatan keagamaan yang bernuansa cadar. Mulai dari gerakan untuk mengajak para wanita Muslimah menutup aurat, dan kajian-kajian dengan tema cadar yang tidak jarang diselenggarakan di berbagai tempat termasuk di kampus-kampus. Menjadi hal yang menarik untuk melihat fenomena perilaku bercadar di kalangan para mahasiswi sebab perilaku bercadar di kalangan mahasiswi menuai pro dan kontra dari berbagai pihak kampus apalagi kampus dengan basic umum. Meniliti fenomena tersebut dengan kritisme yang memadai diharapkan mampu menjadi salah satu bentuk kehati-hatian terahadap perilaku mahasiswi bercadar di UPI Purwakarta. Penilitian dilakukan dengan menggunakan perspektif keilmuan hadis. Perspektif keilmuan hadis yang dimaksud adalah relasi perilaku mahasiswi bercadar UPI Purwakarta dengan hadis-hadis Nabi. Ada tiga rumusan masalah yang berusaha dijawab melalui penelitian ini, pertama bagaimana pandangan para mahasiswi tentang memahami apa arti cadar itu sendiri. Kedua, bagaimana tren cadar dalam pandangan mahasiswi dan hal-hal yang melatar belakangi mereka sehingga mau bercadar. Ketiga, bagaimana pemahaman mahasiswi terhadap hadis-hadis cadar dan pengalaman lahir batin mahasiswi ketika mengenakan cadar. penelitian ini akan dilaksanakan di kampus UPI Purwakarta. Dengan meminjam teori Peter L Berger dan Thomas Luckmann, data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner dianalisis secara lebih lanjut. Hasil penelitian yang didapat bahwa para mahasiswi hampir sama dalam mendefinisikan dan mengutarakan konsep-konsep cadar. 1) mayoritas mahasiswi mendefinisikan cadar sebagai secarik kain yang menutupi muka sehingga membuat pemakainya lebih ta’at dan menjauhkan mereka dari perbuatan keji, adapun konsep cadar adanya niat dan keinginan dari hati untuk lebih menutup aurat dengan sebaik-baiknya. 2) sebagian mahasiswi setuju dengan kata tren dalam cadar karena, hal itu bisa membuat seseorang tertarik akan termotivasi dan mau mengenakan cadar, sedangkan mahasiswi yang kurang setuju dengan tren cadar karena, menurut mereka cadar itu bukan tradsi atau budaya yang ada di Indonesia dan sejak kapan tren cadar ada? 3) Mengenai relasi antara perilaku bercadar mahasiswi dengan hadis-hadis Nabi, mereka memahaminya secara kontekstual. Adapun hal-hal pengalaman lahir dan batin mahasiswi biasa saja sebelum memakainya, setelah mamakainya para mahasiswi merasa lebih aman, dan nyaman. Dan tidak sedikit mereka mendapatlan perilaku yang tidak mengenakan dari beberapa masyarakat ataupun kerabat mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dadi S. Ag, M. Si
Uncontrolled Keywords: Cadar, Mahasiswi, Relasi Hadis, Universitas Pendidikan Indonesia
Subjects: Ilmu Hadits
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 01 Aug 2022 11:37
Last Modified: 01 Aug 2022 11:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52314

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum