PERAN LEMBAGA BAHASA DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA ARAB SANTRI PONDOK PESANTREN ISLAM AL-MUKMIN JAWA TENGAH

Nur Abdi Muzakir, NIM.: 1520411059 (2018) PERAN LEMBAGA BAHASA DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA ARAB SANTRI PONDOK PESANTREN ISLAM AL-MUKMIN JAWA TENGAH. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN LEMBAGA BAHASA DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA ARAB SANTRI PONDOK PESANTREN ISLAM AL-MUKMIN JAWA TENGAH)
PRA BAB, BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN LEMBAGA BAHASA DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA ARAB SANTRI PONDOK PESANTREN ISLAM AL-MUKMIN JAWA TENGAH)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen penegelolaan Lembaga Bahasa Pondok Pesantren Islam Al-Mukmin Jawa Tengah (1) mengetahui bagaimana program pengembangan Lembaga Bahasa Pondok Pesantren Islam Al-Mukmin Jawa Tengah (2) serta bagaimana peran lembaga bahasa dalam peningkatan kemampuan bahasa arab santri Pondok Pesantren Islam Al-Mukmin Jawa Tengah (3). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif, yaitu memaparkan seluruh pernyataan dan pengamatan dengan apa adanya dari orang yang diamati. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket . Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data penelitian meliputi manajemen, program dan peran Lembaga Bahasa dalam peningkatan kemampuan bahasa Arab santri Pondok Pesantren Islam Al-Mukmin Jawa Tengah, sebagai berikut : Manajemen pengelolaan lembaga bahasa Pondok Pesantren Islam Al-Mukmin Jawa Tengah berjalan dengan baik dan maksimal serta sesuai dengan jalur sebuah manajemen yang ditandai dengan indikator-indikator yang meliputi : Para pengurus lembaga bahasa mampu mengatasi santri yang tidak disiplin, namun tidak mengkesampingkan status utama mereka sebagai seorang pelajar yang memang selalu belajar (1) pengurus sangat berperan dalam mendukung dan mengawal dari pertama pengurus lembaga bahasa menyusun sebuah program yang akan mereka jalankan serta kembangkan selama mereka menjabat.(2) peran lembaga bahasa dalam peningkatan kemampuan bahasa arab santri Pondok Pesantren Islam AlMukmin Jawa Tengah Mukmin Jawa Tengah, sebagai berikut : Pengurus memberi hukuman dan penghargaan akan prestasi dan disiplin berbahasa arab. Pengurus memberikanlatihan /praktek kosa kata, kertas mufradat atau kosa kata bahasa arab, tugas insya` usbu’ainiy, serta menyediakan santri sarana dan prasaranaberbahasa arab di Pesantren. Pengurus mengadakan praktek Tarjim Insya’, film berbahasa Arab,ta`limul lughoh, Ishlahul Lughoh, Muhadatsahdan lomba qiroatul kutub (3). Hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pengelolaan manajemen dan program Lembaga Bahasa di Pesantren Islam Al-Mukmin Jawa tengah telah cukup baik terbukti dari peran aktif lembaga ini dalam peningkatan kemampuan bahasa Arab Santri di Pesantren Islam Al-Mukmin Jawa tengah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbahasa Arab, Pengembangan Bahasa Arab, Manajemen Pendidikan
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 29 Jul 2022 16:20
Last Modified: 29 Jul 2022 16:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52338

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum