UPAYA GURU UNTUK MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV MI AL MUHSIN II BANGUNJIWO KASIHAN BANTUL

Nur Hidayat, NIM.: 15480025 (2022) UPAYA GURU UNTUK MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV MI AL MUHSIN II BANGUNJIWO KASIHAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU UNTUK MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV MI AL MUHSIN II BANGUNJIWO KASIHAN BANTUL)
15480025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU UNTUK MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV MI AL MUHSIN II BANGUNJIWO KASIHAN BANTUL)
15480025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

19 peserta didik dalam proses belajarnya mendapatkan bantuan orang tua pada saat penugasan. Namun, ketika pembelajaran sudah dimulai seperti biasa dengan pertemuan langsung, peserta didik merasa tidak mampu mengerjakan tugas karena kurang kepercayan diri dalam menyelesaikan tugas tersebut. Hal tersebut menimbulkan permasalahan di dalam proses belajar sehingga peneliti tertarik untuk meneliti hal tersebut. Tujuan Penelitian untuk mendeskripsikan Upaya guru dalam mengembangkan kemandirian kelas IV MI Al Muhsin II di Bangunjiwo Kasihan Bantul dan mengetahui kendala dalam mengembangkan kemandirian belajar peserta didik kelas IV MI Al Muhsin II di Bangunjiwo Kasihan Bantul. Metode penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data yaitu dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun analisis data menggunakan pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan upaya guru dalam menembangkan kemandirian kelas IV MI Al Muhsin II di Bangunjiwo Kasihan Bantul adalah: 1) melakukan pembiasaan aktivitas sehari-hari untuk mengembangkan kemandirian peserta didik, 2) mengenalkan rasa tanggung jawab kepada peserta didik, 3) memberikan penghargaan peserta didik bertujuan agar beperan aktif dalam proses pembelajaran berlangsung, 4) memberikan motivasi kepada peserta didik supaya memiliki semangat untuk mengikuti pembelajaran yang akan berlangsung, 5) mengembangkan proses belajar mengajar yang demokratis, 6) mendorong peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran berlangsung, 7) memberikan kebebasan bagi peserta didik untuk mengeksplorasi lingkungan sekitar madrasah, 8) wali kelas harus bias menerima kekurangan maupun kelebihan yang dimiliki peserta didik, 9) wali kelas harus memiliki hubungan yang harmonis dengan peserta didik dan orang tua wali. Sedangkan kendala dalam mengembangkan kemandirian belajar peserta didik kelas IV MI Al Muhsin II di Bangunjiwo Kasihan Bantul antara lain: 1) penurunan prestasi peserta didik dalam hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nur Hidayat M.Ag
Uncontrolled Keywords: guru; kemandirian belajar; peserta didik
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Jul 2022 13:20
Last Modified: 29 Jul 2022 13:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52349

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum