PARADIGMA PENDIDIKAN KRITIS PERSPEKTIF MANSOUR FAKIH DITINJAU DARI PENDIDIKAN ISLAM

Mochammad Ja’far Amri Amanulloh, NIM.: NIM. 17104010068 (2022) PARADIGMA PENDIDIKAN KRITIS PERSPEKTIF MANSOUR FAKIH DITINJAU DARI PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PARADIGMA PENDIDIKAN KRITIS PERSPEKTIF MANSOUR FAKIH DITINJAU DARI PENDIDIKAN ISLAM)
17104010068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PARADIGMA PENDIDIKAN KRITIS PERSPEKTIF MANSOUR FAKIH DITINJAU DARI PENDIDIKAN ISLAM)
17104010068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan proses peningkatan harkat dan martabat manusia dalam kehidupan yang relevan dengan perubahan dan kebutuhan zaman bagi masyarakat. Pendidikan menjadi sarana pencerdasan, penumbuhan kepekaan dan kepedulian terhadap bangsa dan negara. Karenanya pendidikan dianggap memiliki urgensi penting dalam tatanan sosial masyarakat. Pendidikan memiliki orientasi akhir sebagai bentuk humanisasi, yakni memanusiakan manusia dan bertujuan sebagai wahana pembebasan. Salah satu tokoh yang membawa gagasan tersebut adalah Mansour Fakih, seorang aktivis sosial yang gencar menyuarakan pendidikan dari sudut pandang kaum marjinal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan merupakan penelitian Bibliografi dalam bahasa lain penelitian kepustakaan atau Library Research pemikiran Mansour Fakih tentang Pendidikan Kritis. Adapun Penelitian ini bersifat deskriptif-analitik dengan pendekatan Hermenetika yang menggunakan pengumpulan data dengan metode dokumentasi dari karya-karya Mansour Fakih sebagai sumber primer dan buku penunjang pemikirannya sebagai sumber sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis Induktif yang berkenaan dengan Analisis Content (analisis isi). Keabsahan dokumen dalam penelitian ini ditekankan pada Uji Validitas dan Reabilitas yang berkenaan dengan derajat konsistensi dan stabilitas data dan temuan. Hasil penelitian ini adalah sebuah gagasan pendidikan yang menelisik berbagai aspek dengan paradigma kritis Mansour Fakih agar dapat memperbaiki struktur dominasi yang dianggap kurang tepat diterapkan dalam bidang pendidikan dengan menghasilkan perspektif kritis dengan tinjauan pendidikan Islam yang nantinya dapat berimplikasi terhadap pendidikan yang menghilangkan aspek kelas, pendidikan yang humanis, dan gagasan kritis yang diselaraskan dengan pandangan Islam. Dari tiga konsep tersebut, diharapkan pendidikan di Indonesia dapat lebih baik dimasa yang akan datang secara struktural dan kultural dapat menjadi wahana belajar berpikir kritis bagi generasi penerus bangsa yang berinovasi dengan perkembangan, dan tetap mengharumkan tanah air tercinta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Radhino, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Mansour Fakih; pendidikan kritis; pendidikan dan masyarakat
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Jul 2022 14:44
Last Modified: 29 Jul 2022 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52357

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum