MODUL INTERAKTIF BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN SOFTWARE FLIP PDF PROFESSIONAL UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI MATRIKS

Wahyu Striata Awidati, NIM.: 16600033 (2022) MODUL INTERAKTIF BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN SOFTWARE FLIP PDF PROFESSIONAL UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI MATRIKS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODUL INTERAKTIF BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN SOFTWARE FLIP PDF PROFESSIONAL UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI MATRIKS)
16600033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MODUL INTERAKTIF BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN SOFTWARE FLIP PDF PROFESSIONAL UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI MATRIKS)
16600033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul interaktif berbasis android dengan pendekatan kontekstual menggunakan software Flip PDF Professional untuk memfasilitasi pemahaman konsep pada materi matriks yang valid. Media pembelajaran ini memuat materi matriks yang ditujukan untuk peserta didik SMA atau sederajat kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan prosedur pengembangan Richey dan Klein. Pengembangan dilakukan sampai tahap validitas ahli materi dan ahli media. Untuk tahapann pengembangan berdasarkan prosedur pengembangan Richey dan Klein terdiri dari tahap perencanaan yang berupa analisis awal, tahap produksi yang berupa pembuatan flowchart, storyboard, desain menggunakan canva dan pembuatan aplikasi menggunakan Flip PDF Professional, dan tahap evaluasi yang berupa validasi dari dua orang ahli materi dan dua orang ahli media. Validasi dari ahli menggunakan instrumen penelitian berupa instrumen skala penilaian. Teknik pengumpulan data adalah pengisian instrumen skala penilaian. Analisis data penelitian adalah analisis validitas berdasarkan skala penilaian. Penelitian pengembangan modul interaktif berbasis android telah melalui tahap perencanaan, tahap produksi, dan tahap evaluasi. Penelitian ini memperoleh hasil validitas sebesar 86.67% dari ahli materi dengan kriteria sangat valid dan 85.45% dari ahli media dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan validasi dari ahli materi dan media dapat disimpulkan bahwa modul interaktif berbasis android telah valid dan dapat dilakukan uji coba lapangan atau digunakan dalam pembelajaran matriks. Selanjutnya, modul dapat interaktif dapat dikembangkan lebih lanjut pada materi determinan dan invers matriks serta dapat menambahkan latihan soal yang lebih beragam serta feedback.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Arfinanti, S.Pd.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: canva; matriks; modul interaktif; model pengembangan; android
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 01 Aug 2022 13:22
Last Modified: 01 Aug 2022 13:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52364

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum