METODE TAKRORAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB AMTSILATI DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADI’IN GURAH KEDIRI PERSPEKTIF TEORI BELAJAR KOGNITIF

Auliya Akbar Rahmatullah, NIM.: 16420037 (2022) METODE TAKRORAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB AMTSILATI DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADI’IN GURAH KEDIRI PERSPEKTIF TEORI BELAJAR KOGNITIF. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE TAKRORAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB AMTSILATI DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADI’IN GURAH KEDIRI PERSPEKTIF TEORI BELAJAR KOGNITIF)
16420037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (METODE TAKRORAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB AMTSILATI DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADI’IN GURAH KEDIRI PERSPEKTIF TEORI BELAJAR KOGNITIF)
16420037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah angapan sulitnya memahami ilmu Nahwu dan Shorof bagi para pemula. Oleh karena itu, peneliti menyajikan tentang penjelasan metode Takroran dan pengunaan kitab Amtsilati yang bertujuan untuk: 1) Mengetahui proses pembelajaran kitab Amtsilati. 2) Mengetahui proses praktik Metode Takroran. 3) Mengetahui perspektif teori belajar kognitif yang terdapat didalam metode Takroran Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah segala peristiwa dan kejadian yang peneliti temui dalam pemeraktikan metode Takroran dan proses pembelajaran kitab Amtsilati di pondok pesantren Hidayatul Mubatdi’in guna mendapatkan gambaran yang jelas. Data dikumpulkan melalui instrument observasi, wawancara, kuisioner, dan dokumentasi dan dianalisis menggunakan hasil pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Metode Takroran merupakan pengaplikasian dari ilmu Nahwu dan Shorof untuk dapat bisa membaca kitab kuning yang baik dan benar. 2) Dalam memfokuskan peserta didiknya untuk memahami medote Amtsilati pondok pesantren Hidayatul Mubtadi’in mempersiapkan guru-guru yang terampil yang menjelaskan kitab tersebut dengan mudah dan menyenangkan, disertai rangkaian pondok yang mendukung untuk focus pada metode Amtsilati itu sendiri. 3) Teori belajar kognitif adalah teori belajar yang paling mendekati dalam pemeraktikan metode Takroran di pondok Hidayatul Mubtadi’in Amtsilati Gurah Kediri. 4) Metode Takroran mencakup aspek-aspek dari teori belajar kognitif berupa aspek pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan penilaian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhajir., S.Pd.I., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran; Kitab Amtsilati; belajar kognitif; metode takroran
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 01 Aug 2022 13:35
Last Modified: 01 Aug 2022 13:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52366

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum