PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERKEMBANGAN KARAKTER ANAK DI PANTI ASUHAN MAFAZA YOGYAKARTA

B. Hudriana Hayati, NIM.: 16410045 (2022) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERKEMBANGAN KARAKTER ANAK DI PANTI ASUHAN MAFAZA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERKEMBANGAN KARAKTER ANAK DI PANTI ASUHAN MAFAZA YOGYAKARTA)
16410045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERKEMBANGAN KARAKTER ANAK DI PANTI ASUHAN MAFAZA YOGYAKARTA)
16410045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Era golobalisasi saat ini, pembentukan karakter peserta didik merupakan hal yang sangat penting di dalam tujuan pembelajaran. Salah satu hal yang sangat krusial menentukan pembentukan karakter tersebut adalah pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sehingga tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap karakter peserta didik dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode asosiatif. Sumber data yang diperoleh berupa data primer. Adapun teknik pengumpulan data berupa quesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak asuh di panti asuhan Mafaza Yogyakarta dengan jumlah 110 orang anak, dimana terdiri dari 70% akhwat (perempuan) atau 77 anak dan 30% (33 anak) lainnya adalah ikhwan (laki-laki). Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel dalam skripsi ini adalah simple random sampling. Adapun proses analisis data menggunakan analisis regresi sederhana, dengan Pendidikan Agama Islam sebagai variabel bebas atau independen dan karakter sebagai variabel terikat atau dependen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, hasil pengujian hipotesis Pendidikan Agama Islam menunjukkan nilai t hitung sebesar 2,642 atau positif dengan taraf signifikan 0,012. Maka t hitung > t tabel (2,642> 2.034) dan taraf signifikan kurang dari 0,05 (0,015 < 0,05), yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menolak Ho dan menerima Ha, artinya ada pengaruh yang signifikan antara Pendidikan Agama Islam terhadap karakter anak. Melalui hasil perhitungan yang telah dilakukan hingga diperoleh nilai regresi linier Y = 12,750 + 0,418X, selanjutnya. Level 0,012 <0,05 (nilai alpha), maka kesimpulannya terdapat pengaruh antara Pendidikan Agama Islam dengan Karakter. Berdasarkan output yang diperoleh nilai R2 (R Square) sebesar 0,675 atau 67,5%. Oleh sebab itu dapat ditarik kesimpulan bahwa Pendidikan Agama Islam memiliki pengaruh yang signifikan terhadap karakter Anak di Panti Asuhan Mafaza Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. M. Agung rokhimawan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: karakter; pendidikan anak; PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 01 Aug 2022 14:25
Last Modified: 01 Aug 2022 14:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52367

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum