PERAN PEREMPUAN SEBAGAI KEPALA KELUARGA (STUDI KASUS LIMA SINGLE PARENT DALAM MENSEJAHTERAKAN KELUARGA DI DESA SIDOKUMPUL KECAMATAN PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN)

Ulil izzah, NIM.: 10250056 (2014) PERAN PEREMPUAN SEBAGAI KEPALA KELUARGA (STUDI KASUS LIMA SINGLE PARENT DALAM MENSEJAHTERAKAN KELUARGA DI DESA SIDOKUMPUL KECAMATAN PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN). Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PEREMPUAN SEBAGAI KEPALA KELUARGA (STUDI KASUS LIMA SINGLE PARENT DALAM MENSEJAHTERAKAN KELUARGA DI DESA SIDOKUMPUL KECAMATAN PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN PEREMPUAN SEBAGAI KEPALA KELUARGA (STUDI KASUS LIMA SINGLE PARENT DALAM MENSEJAHTERAKAN KELUARGA DI DESA SIDOKUMPUL KECAMATAN PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (878kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dengan judul peran perempuan sebagai kepala keluarga (studi kasus lima single parent dalam mensejahterakan keluarga di desa sidokumpul kecamatan paciran kabupaten lamongan) ini merupakan upaya yang dilakukan seorang perempuan sebagai ibu rumah tangga sekaligus kepala keluarga dalam pemimpin dan membina keluarga. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Peran apa saja yang dilakukan perempuan sebagai kepala keluarga di Desa Sidokumpul Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan: (2) Hambatan-hambatan apa yang dialami perempuan sebagai kepala keluarga di Desa Sidokumpul Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan: (3) Bagaimana keberhasilan perempuan selama menjadi kepala keluarga di Desa Sidokumpul Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Tujuan penelitian adalah: (1) Untuk mengetahui peran apa saja yang dilakukan perempuan sebagai kepala keluarga.(2) Untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dialami perempuan sebagai kepala keluarga. (3) Mampu menggambarkan keberhasilan perempuan selama berperan sebagai kepala keluarga. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian lapangan (field research). Lokasi penenlitian ini yaitu di desa Siodokumpul, Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Subyek penelitian ini adalah lima perempuan single parent. Fokus penelitian ini adalah perempuan single parent dalam melakukan perannya sebagai kepala keluarga dalam mensejahterakan keluarga yang mencakup sebagai pencari nafkah, pengambil keputusan, mengelola kebutuhan sehari-hari, mendidik anak dan hambatan serta keberhasilan yang diperoleh perempuan single parent selama berperan sebagai kepala keluarga. Kemudian untuk teknik pengumpulan data, yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian mencakup reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelima perempuan single parent di desa Sidokumpul, Kec. Paciran, Kab. Lamongan telah menjalankan perannya sebagai kepala keluarga yang mencakup sebagai pencari nafkah, pengambil keputusan, mengelolah kebutuha sehari-hari, mendidik anak dalam mencukupi kebutuhan hidup keluarga, yaitu kebutuhan sandang, pangan, papan dan pendidikan. Hambatan yang dialami kelima informan dalam menjalankan perannya adalah lebih kepada ekonomi, rendahnya tingkat pendidikan membuat mereka bekerja dengan penghasilan rendah. Sosial, jarang berinteraksi dengan warga setempat. Agama, jarang mengikuti pengajian setiap minggunya, dan lebih mempercayakan anak di TPA dalam belajar agama. Keberhasilan yang di peroleh informan adalah terciptanya keluarga yang sejahtera, mencakup terpenuhinya kebutuhan dasar akan kebutuhan sandang, pangan, papan dan pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Latiful Khuluq, MA, Ph.d
Uncontrolled Keywords: Single Parent, Kepala Keluarga, Perempuan
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Wanita - Kepala Keluarga
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 02 Aug 2022 08:59
Last Modified: 02 Aug 2022 08:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52379

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum