KONSTRUKSI MEDIA LOKAL TERHADAP PEMBERITAAN PEMBANGUNAN BANDARA DI KECAMATAN TEMON KABUPATEN KULONPROGO (ANALISIS FRAMING PADA SURAT KABAR HARIAN KEDAULATAN RAKYAT DAN HARIAN JOGJA EDISI NOVEMBER 2013 SAMPAI DENGAN JANUARI 2014)

Zaka Putra Ramdani, NIM.: 10730084 (2014) KONSTRUKSI MEDIA LOKAL TERHADAP PEMBERITAAN PEMBANGUNAN BANDARA DI KECAMATAN TEMON KABUPATEN KULONPROGO (ANALISIS FRAMING PADA SURAT KABAR HARIAN KEDAULATAN RAKYAT DAN HARIAN JOGJA EDISI NOVEMBER 2013 SAMPAI DENGAN JANUARI 2014). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSTRUKSI MEDIA LOKAL TERHADAP PEMBERITAAN PEMBANGUNAN BANDARA DI KECAMATAN TEMON KABUPATEN KULONPROGO (ANALISIS FRAMING PADA SURAT KABAR HARIAN KEDAULATAN RAKYAT DAN HARIAN JOGJA EDISI NOVEMBER 2013 SAMPAI DENGAN JANUARI 2014))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (KONSTRUKSI MEDIA LOKAL TERHADAP PEMBERITAAN PEMBANGUNAN BANDARA DI KECAMATAN TEMON KABUPATEN KULONPROGO (ANALISIS FRAMING PADA SURAT KABAR HARIAN KEDAULATAN RAKYAT DAN HARIAN JOGJA EDISI NOVEMBER 2013 SAMPAI DENGAN JANUARI 2014))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Surat kabar atau koran lokal memiliki seperangkat nilai berita yang relevan terhadap pembacanya karena kedekatan mereka dengan isu yang diberitakan. Dua diantara surat kabar lokal di Yogyakarta adalah Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat dan juga Harian Jogja. Kedua surat kabar tersebut, terhitung semenjak bulan November tahun 2013 sampai dengan Januari tahun 2014 memberitakan isu pembangunan bandara baru di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo. Teks beritanya menampilkan isu perdebatan dalam proses pembangunan bandara antara Paguyuban Wahana Tri Tunggal dengan pemerintah. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan kerangka analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Dalam kajian teks media dengan pendekatan framing, media dipahami sebagai institusi yang memiliki kepentingan terhadap suatu peristiwa yang diberitakan. Unit yang akan dianalisis dalam penelitian ini adalah dokumen berita yang memuat struktur sintaksis, skrip, tematik, dan juga retoris. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kendati sebagai media lokal yang sama-sama berdomisili di Yogyakarta, Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat dan Harian Jogja menyampaikan berita dengan sudut pandang yang berbeda. Harian Kedaulatan Rakyat mengonstruksi pemberitaan bahwa pembangunan bandara akan bermanfaat bagi masyarakat di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo. Sedangkan Harian Jogja mengonstruksi pemberitaan bahwa pembangunan bandara di Kecamatan Temon merugikan warga masyarakat, sehingga pemerintah perlu mengkaji ulang rencana pembangunan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Bono Setyo, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Harian Kedaulatan Rakyat, Harian Jogja, Analisis Framing, Dan Konstruksi Sosial Media Massa.
Subjects: Komunikasi Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 02 Aug 2022 09:07
Last Modified: 02 Aug 2022 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52381

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum