PENERAPAN SISTEM OTOMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS SENAYAN LIBRARY MANAGEMENT SYSTEM (SLIMS) DALAM PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA

Ferina Anita Rahmawati, NIM.: 11130056 (2014) PENERAPAN SISTEM OTOMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS SENAYAN LIBRARY MANAGEMENT SYSTEM (SLIMS) DALAM PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA. Laporan D3 thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN SISTEM OTOMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS SENAYAN LIBRARY MANAGEMENT SYSTEM (SLIMS) DALAM PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA)
11130056_File 1.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN SISTEM OTOMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS SENAYAN LIBRARY MANAGEMENT SYSTEM (SLIMS) DALAM PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA)
11130056_File 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi yang begitu pesat dan dapat mudah dijangkau oleh hampir seluruh lapisan masyarakat memebuat kebutuhan akan pemanfaatan teknologi informasi ini menjadi suatu hal pokok yang harus dilakukan. Hal ini menjadi suatu yang harus dilakukan dengan adanya peran perpustakaan sendiri dalam pengembangannya. Adanya teknologi informasi ini diharapkan akan lebih meningkatkan kualitas dan mutu dalam manajemen pengelolaan koleksi yang ada diperpustakaan agar kerja lebih efektif dan efisien. Pada tahun 2013 perpustakaan SMK Negeri 5 Yogyakarta membentuk kebijakan untuk penerapan sistem otomasi perpustakaan. Akan tetapi, pada awal tahun 2014 berhenti dalam penerapannya, selanjutnya diterapkan kembali mulai bulan maret dan akhirnya selesai pada akhir april. Sistem otomasi yang digunakan di perpustakaan SMK N 5 Yogyakarta adalan SliMS. Penerapan sistem ini dilakukan mulai dari kegiatan pengolahan koleksi, yaitu mengubah dari pengolahan manual menjadi pengolahan secara sistem. Pengolahan ini mulai dilakukan pada koleksi umum. Untuk lebih memudahkan pustakawan dalam pengolahan dan kegiatan selanjutnya maka penerapan sistem otomasi ini dilakukan di Perpustakaan SMK N 5Yogyakarta. Tujuan dalam penerapan sistem ini belum bisa tercapai dengan maksimal tanpa didukung dengan keterampilan pengelola dalam menggunakan sistem yang bagus. Dalam laporan tugas akhir ini penulis berusaha menjelaskan mengenai bagaimana penerapan sistem otomasi di Perpustakaan SMK Negeri 5 Yogyakarta dan apa saja kendala yang dihadapi saat penerapannya.

Item Type: Thesis (Laporan D3)
Additional Information: Pembimbing: Faisal Syarifudin, S.Ag., SS., M.Si
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan Sekolah, Otomasi Perpustakaan, Senayan Library Management System (SliMS), Pengolahan Bahan Pustaka
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Perpustakaan > Perpustakaan Sekolah
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (D3)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 02 Aug 2022 09:21
Last Modified: 02 Aug 2022 09:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52384

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum