TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ZAKAT USAHA RENTAL MOBIL (STUDI TERHADAP RENTAL MOBIL JAVA RENT CAR TAHUN 2013 DI KOTA JEPARA)

Amiq Maulana, NIM.: 10350041 (2014) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ZAKAT USAHA RENTAL MOBIL (STUDI TERHADAP RENTAL MOBIL JAVA RENT CAR TAHUN 2013 DI KOTA JEPARA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ZAKAT USAHA RENTAL MOBIL (STUDI TERHADAP RENTAL MOBIL JAVA RENT CAR TAHUN 2013 DI KOTA JEPARA))
10350041_BAB I_BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ZAKAT USAHA RENTAL MOBIL (STUDI TERHADAP RENTAL MOBIL JAVA RENT CAR TAHUN 2013 DI KOTA JEPARA))
10350041_BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perubahan dan perkembangan kondisi menimbulkan berbagai jenis harta dan benda-benda baru yang berpotensi dikeluarkan zakatnya, termasuk rental mobil. Permasalahan yang dihadapi adalah belum adanya ketentuan pasti tentang konsep zakat rental mobil yang mencakup nishab, kadar zakat, dan ketentuan waktu pengeluaran zakatnya. Untuk itu diperlukan kategorisasi termasuk harta zakat apakah rental mobil ini dengan tujuan mengetahui nishab, besar zakat yang wajib dikeluarkan dan kapan waktu pengeluarannya. Problem utama yang menjadi perhatian penyusun adalah belum adanya kategorisasi zakat yang dipegangi oleh pemilik usaha rental mobil Java Rent Car di kota Jepara sebagai objek utama penelitian penyusun. Sehingga penyusun melakukan penelitian ini untuk mengetahui apakah praktik zakat yang dilakukan oleh pemilik Java Rent Car telah sesuai dengan hukum Islam atau tidak. Pokok masalah yang menjadi kajian penyusun adalah (1) Bagaimana konsep dan implementasi zakat usaha rental mobil Java Rent Car. (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap konsep dan implementasi zakat usaha rental mobil Java Rent Car. Metode yang dipakai penyusun dalam penelitian ini adalah field research, artinya data rujukan penelitian ini berupa fakta-fakta di lapangan, yaitu mencari data secara jelas tentang konsep dan implementasi zakat usaha rental mobil di Java Rent Car dengan cara terjun langsung ke lapangan. Sedangkan dari sifatnya, penelitian ini bersifat deskriptif-analitik, yaitu menggambarkan objek yang diteliti dan dianalisis dengan aturan-aturan fikih. Kemudian pendekatan yang dilakukan penyusun adalah yuridis-normatif. Adapun sumber data diperoleh melalui observasi dan wawancara. Konsep zakat yang dipakai Java Rent Car adalah kegiatan pendistribusian harta yang diwajibkan oleh Islam yang terletak pada semua hal dan diusahakan serta mampu menghasilkan keuntungan dengan adanya petunjuk dari agama tentang tata cara pelaksanannya. Konsep zakat ini pada akhirnya terfokus pada harta zakat dan jenis zakat yang ada di Java Rent Car. Sedangkan implementasi dari zakat rental mobil Java Rent Car yaitu penjabaran dari konsep di atas. Hasil kesimpulan penyusun tentang konsep zakat di Java Rent Car adalah ide dasar tentang makna zakat yang dipakai oleh pemilik Java Rent Car. Kemudian implementasinya terfokus pada mekanisme pelaksanaan, waktu pelaksanaan, kadar pengeluaran, dan juga objek penerima zakat (mustahiq). Adapun konsep dan implementasi zakat yang dipakai pemilik Java Rent Car telah sesuai berdasarkan pisau analisis hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Abd. Madjid AS, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Zakat, Java Rent Car, Zakat Rental Mobil
Subjects: Hukum Islam > Zakat
Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 02 Aug 2022 10:21
Last Modified: 02 Aug 2022 10:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52387

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum