ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI VOLUME PENEMPATAN DANA PERBANKAN SYARIAH PADA SERTIFIKAT BANK INDONESIA SYARIAH

Hilmy Baroroh, NIM.: 10390084 (2014) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI VOLUME PENEMPATAN DANA PERBANKAN SYARIAH PADA SERTIFIKAT BANK INDONESIA SYARIAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI VOLUME PENEMPATAN DANA PERBANKAN SYARIAH PADA SERTIFIKAT BANK INDONESIA SYARIAH)
10390084_BAB I DAN PENUTUP.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI VOLUME PENEMPATAN DANA PERBANKAN SYARIAH PADA SERTIFIKAT BANK INDONESIA SYARIAH)
10390084_BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Bank-bank syariah semakin berhati-hati dalam menempatkan dananya terutama pada sektor pembiayaan sejak krisis moneter melanda Indonesia, hal ini berakibat pada menumpuknya dana pada Perbankan Syariah. Selain itu, minat masyarakat yang terus meningkat dalam menitipkan dana pada Perbankan Syariah juga mengakibatkan overlikuiditas pada Perbankan Syariah. Untuk mengatasi overlikuiditas Perbankan Syariah dapat menyalurkan dana pada instrumen keuangan yang memiliki risiko minimal dan tingkat imbal hasil yang kompetitif. Perbankan Syariah dapat memilih Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS) sebagai alternatif penyaluran kelebihan dananya. SBIS merupakan salah satu instrumen keuangan dari BI yang memiliki tingkat imbal hasil dan menggunakan akad ju’alah. Pokok masalah pada penelitian ini yaitu seberapa besar pengaruh DPK, FDR, dan NPF terhadap volume penempatan dana Perbankan Syariah pada Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS). Penelitian ini menggunakan regresi linier berganda sebagai teknik analisis. Data yang digunakan adalah data volume SBIS periode 2009-2013 yang diperoleh dari laporan Bank Indonesia. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah DPK berpengaruh positif signifikan dengan koefisien regresi sebesar 1702.808 dan signifikansi sebesar 0.014. Sedangkan variabel FDR dan NPF tidak berpengaruh signifikan terhadap volume penempatan dana Perbankan Syariah pada Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: M. Ghafur Wibowo, S.E., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: SBIS (Sertifikat Bank Indonesia Syariah), DPK (Dana Pihak Ketiga), FDR (Financing to Deposit Ratio), NPF (Non Performing Financing).
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 02 Aug 2022 10:30
Last Modified: 02 Aug 2022 10:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52390

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum