FUNGSI MANAJEMEN KURIKULUM DI SD INTERNATIONAL ISLAMIC SCHOOL YOGYAKARTA

Laily Noor Fauzia, NIM.: 09470058 (2014) FUNGSI MANAJEMEN KURIKULUM DI SD INTERNATIONAL ISLAMIC SCHOOL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FUNGSI MANAJEMEN KURIKULUM DI SD INTERNATIONAL ISLAMIC SCHOOL YOGYAKARTA)
09470058_BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FUNGSI MANAJEMEN KURIKULUM DI SD INTERNATIONAL ISLAMIC SCHOOL YOGYAKARTA)
09470058_BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa sebuah kurikulum memiliki kedudukan yang sangat penting di suatu lembaga pendidikan baik lembaga pendidikan islam maupun non islam. Pendidikan Islam seharusnya terkelola dengan sistem manajemen yang benar dan handal sesuai kebutuhan zaman supaya pendidikan Islam mampu mengikuti dan mengarahkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan ajaran Islam. Pendidikan Islam dapat melakukan peningkatan mutu dan tentu dapat bersaing dengan lembaga pendidikan lain non Islam di luar, serta memiliki citra yang lebih baik dalam pengembangan pendidikan pada umumnya. Dengan melakukan inovasi pada kurikulum pendidikan islam akan maju dan dapat meningkatkan mutu suatu sekolah. SD International Islamic School Yogyakarta menggunakan melakukan inovasi di kurikulum melalui program-programnya sehingga memberikan pengaruh pada lembaganya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SD International Islamic School Yogyakarta. Subjek penelitian dari penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, penanggung jawab evaluasi hasil belajar, dan guru-guru di SD International Islamic School Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan : (1) Implementasi manajemen kurikulum di SD International Islamic School Yogyakarta meliputi perencanaan kurikulum dengan penyusunan program tahunan dan program semester dan jenis program yang dilaksanakan, pelaksanaan manajemen kurikulum meliputi perancangan Silabus dan DLP/RPP serta metode dan strategi yang digunakan saat pembelajaran. Evaluasi kurikulum meliputi evaluasi program, proses pembelajaran dan hasil belajar. Penilaian kurikulum meliputi 3 aspek penilaian yaitu afektif, kognitif, dan psikomotorik (2) Manajemen kurikulum di SD International Islamic School Yogyakarta berjalan dengan efektif dan sesuai dengan visi misi dan tujuan sekolah terbukti dapat dilihat dari terlaksananya program yang telah disusun dan tercapai tujuan yang telah ditetapkan oleh sekolah. (3) faktor-faktor penunjang dalam pelaksanaan manajeman kurikulum di SD International Islamic School Yogyakarta yaitu Hubungan dekat dan baik antara orang tua siswa dan guru, Keterpaduan konsep sekolah International School dengan religi, pengajar yang berkompeten dibidangnya dan sabar. Sedangkan hambatannya yaitu kurangnya alokasi waktu dan pemberian waktu untuk pembuatan silabus yang terlalu singkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M.Si
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, SD International Islamic School Yogyakarta, Evaluasi Kurikulum
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 02 Aug 2022 10:49
Last Modified: 02 Aug 2022 10:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52394

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum