TELAAH KURIKULUM PESANTREN UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH UNGGULAN AL-IMDAD BANTUL

Meitia Rosalina Yunita Sari, NIM.: 10420037 (2014) TELAAH KURIKULUM PESANTREN UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH UNGGULAN AL-IMDAD BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TELAAH KURIKULUM PESANTREN UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH UNGGULAN AL-IMDAD BANTUL)
10420037_BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (TELAAH KURIKULUM PESANTREN UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH UNGGULAN AL-IMDAD BANTUL)
10420037_BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

. Latar belakang penelitian ini adalah adanya beberapa lembaga pendidikan seperti madrasah yang mengadopsi kurikulum pesantren untuk diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab untuk mengembangkan pembelajaran bahasa Arab itu sendiri, salah satu madrasah yang menerapkan kurikulum pesantren tersebut adalah MA Unggulan Al-Imdad Bantul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari lebih dalam kurikulum pesantren yang meliputi perencanaan kurikulum, implementasi kurikulum dan evaluasi kurikulum yang diterapkan oleh MA Unggulan Al-Imdad untuk pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan mengambil objek penelitian di MA Unggulan Al-Imdad Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, Urusan Kurikulum, guru pembelajaran bahasa Arab dan siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Perencanaan kurikulum di NIA Unggulan Al-Imdad dirancang oleh Urusan kurikulum yang mengadopsi dari kurikulum pesantren yang belum dituangkan dalam bentuk tulisan. (2) Implementasi kurikulum pesantren di madrasah menunjukan bahwa ada aktivitas pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum pondok pesantren seperti baca kitab kuning dan muhadatsah yang dijadikan sebagai pelajaran formal yaitu metode 33 dan muhadatsah dengan alokasi waktu lebih banyak dari mata pelajaran umum lainya (3) Evaluasi k:urikulum dilakukan setahun sekali dalam rapat besar di akhir pembelajaran yang melibatkan kepala madrasah, yayasan, urusan kurikulum dan guru guna untuk perbaikan ditahun mendatang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Radjasa M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, MA Unggulan Al-Imdad, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 02 Aug 2022 10:55
Last Modified: 02 Aug 2022 10:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52395

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum