PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MASALAH UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS TINGKAT TINGGI DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MADRASAH ALIYAH PADA KOMPETENSI DASAR 3.2 KELAS XI IPA KTSP

Itaningsih, NIM.: 09600029 (2013) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MASALAH UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS TINGKAT TINGGI DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MADRASAH ALIYAH PADA KOMPETENSI DASAR 3.2 KELAS XI IPA KTSP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MASALAH UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS TINGKAT TINGGI DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MADRASAH ALIYAH PADA KOMPETENSI DASAR 3.2 KELAS XI IPA KTSP)
09600029 - File 1.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MASALAH UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS TINGKAT TINGGI DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MADRASAH ALIYAH PADA KOMPETENSI DASAR 3.2 KELAS XI IPA KTSP)
09600029 - File 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar berbasis masalah yang dapat memfasilitasi pencapaian kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi (KBMTT) dan kecerdasan emosional (KE) siswa; (2) menelaah kualitas bahan ajar berbasis masalah yang dapat memfasilitasi pencapaian KBMTT dan KE siswa berdasarkan penilaian validator; (3) menelaah efektivitas penggunaan bahan ajar berbasis masalah yang dapat memfasilitasi pencapaian KBMTT dan KE ditinjau dari kemampuan matematika umum (KMU) dan gender siswa; (4) menelaah respon siswa terhadap bahan ajar yang telah dikembangkan dan pembelajaran yang digunakan. \fs23 Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan meliputi tahap pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap uji produk. Instrumen dalam penelitian ini meliputi lembar penilaian instrumen tes dan bahan ajar, tes KBMTT, skala sikap KE, lembar observasi kemampuan guru dan aktivitas siswa, angket respon siswa, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistika deskriptif dan inferensial meliputi uji- \i\fs23\f1 t\i0\fs23\f0 , uji \i\fs23\f1 One-Way \i0\fs23\f0 ANOVA, uji ANACOVA. Pengujian ini dilakukan dengan bantuan \i\fs23\f1 Microsoft Excel \i0\fs23\f0 2007 dan \i\fs23\f1 software SPSS 16.0. \i0\ulnone\strike0\par\pard\fs23\f0 Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) pengembangan bahan ajar berbasis masalah untuk memfasilitasi pencapaian KBMTT dan KE siswa dilakukan dengan 3 tahap, yaitu: pendahuluan, pengembangan, dan uji produk; (2) kualitas bahan ajar untuk memfasilitasi pencapaian KBMTT dan KE berdasarkan penilaian 6 validator memperoleh skor rata-rata 203 dari skor maksimal 256 yang termasuk dalam kategori baik dan layak digunakan; (3) pengujian efektivitas memperoleh hasil: (a) terdapat perbedaan signifikan nilai tes KBMTT sebelum dan sesudah penggunaan bahan ajar berbasis masalah; (b) terdapat perbedaan signifikan nilai tes KE sebelum dan sesudah penggunaan bahan ajar berbasis masalah; (c) ditinjau dari KMU, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan variansi KMU yang menyebabkan peningkatan nilai N-gaintes dan N-gainskala; (d) ditinjau dari gender siswa, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan variansi gender yang menyebabkan peningkatan nilai N-gaintes dan N-gainskala; dan (e) terdapat hubungan yang kuat dan searah pada pencapaian KBMTT dan KE. Selain itu, (4) siswa merespon baik terhadap bahan ajar yang dikembangkan dan pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ibrahim, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Berbasis Masalah, Kecerdasan Emosional, Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 03 Aug 2022 10:42
Last Modified: 03 Aug 2022 10:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52407

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum