MANAJEMEN KURIKULUM DAN IMPLIKASINYA DALAM MEMBENTUK KREATIVITAS SISWA KELAS VII DI MTs N NGAWEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA

Rais Fauzi, NIM.: 09470090 (2013) MANAJEMEN KURIKULUM DAN IMPLIKASINYA DALAM MEMBENTUK KREATIVITAS SISWA KELAS VII DI MTs N NGAWEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KURIKULUM DAN IMPLIKASINYA DALAM MEMBENTUK KREATIVITAS SISWA KELAS VII DI MTs N NGAWEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA)
SKRIPSI RAIS FAUZI - File 1.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KURIKULUM DAN IMPLIKASINYA DALAM MEMBENTUK KREATIVITAS SISWA KELAS VII DI MTs N NGAWEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA)
SKRIPSI RAIS FAUZI - File 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari kegelisahan penulis akan pendidikan masa kini kurang mengedepankan kebutuhan siswa yang sesungguhnya. Siswa justru diberikan pendidikan secara paksaan, membosankan, dan bahkan membingungkan. Siswa dituntut untuk mengikuti kurikulum yang begitu banyak yang padahal bukan kebutuhan mereka. Untuk itu perlu adanya terobosan-terobosan bagaimana mengembalikan pendidikan lebih ramah dan memenuhi kebutuhan siswa yang sesungguhnya sehingga siswa mampu kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep manajemen kurikulum di MTs N Ngawen Gunungkidul Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk mengetahui bagaimana konsep manajemen kurikulum secara umum dan bagaimana manajemen kurikulum dapat membentuk kreativitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang Manajemen Kurikulum dan Implikasinya Dalam Membentuk Kreativitas Siswa Kelas VII di MTs N Ngawen Gunungkidul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi (pengamatan), dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, secara konsep kurikulum yang dilaksanakan meliputi perencanaan, pengorganisasian dan penilaian. Dalam perencanaanya struktur kurikulum KTSP yang dilaksanakan di MTs N Ngawen terdiri dari 14 mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri. Dalam pelaksanaan kurikulum pemberian materi pelajaran harus memiliki sistem yang terorganisir. Sistem tersebut terdapat dalam pengaturan beban belajar di MTs N Ngawen. Implikasi manajemen kurikulum dalam pembentukan kreativitas siswa kelas VII di MTs N Ngawen Gunungkidul adalah dalam perencanaannya kurikulum diharapkan mampu meningkatkan kreativitas. Siswa yang kreatif, mampu bertanya terkait dengan materi yang disampaikan guru, siswa mampu memecahkan masalah yang diberikan dan mencari solusi alternatif lain tanpa harus terpaku pada satu solusi saja. Dalam pelaksanaan kurikulum hampir semua mata pelajaran telah mampu membentuk kreativitas siswa. Sesuai dengan perencanaan kurikulum yang disusun guna membentuk kreativitas siswa. Hal tersebut tercermin dalam pelaksanaan proses pembelajaran pada setiap mata pelajaran, khususnya dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Bahasa Arab yang menjadi fokus penelitian ini. Dalam pelaksanaan kurikulum terdapat evaluasi sebagai tolak ukur keberhasilan kurikulum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Wiji Hidayati, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Implikasi, Pendidik, Peserta Didik, Kreativitas
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 03 Aug 2022 11:33
Last Modified: 03 Aug 2022 11:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52413

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum