UNSUR-UNSUR KEISLAMAN DALAM KESENIAN TOPENG IRENG SISWO KAWEDAR DI DUSUN WONOSARI, BANGUNKERTO, TURI, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Supriyadi, NIM.: 08120049 (2013) UNSUR-UNSUR KEISLAMAN DALAM KESENIAN TOPENG IRENG SISWO KAWEDAR DI DUSUN WONOSARI, BANGUNKERTO, TURI, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UNSUR-UNSUR KEISLAMAN DALAM KESENIAN TOPENG IRENG SISWO KAWEDAR DI DUSUN WONOSARI, BANGUNKERTO, TURI, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA·.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UNSUR-UNSUR KEISLAMAN DALAM KESENIAN TOPENG IRENG SISWO KAWEDAR DI DUSUN WONOSARI, BANGUNKERTO, TURI, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV·.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Seni merupakan sesuatu yang terus bergerak dan tidak statis. Dari masa ke masa seni tradisi mengalami perkembangan dan terus berasimilasi dengan budaya global. Dari pergerakan tersebut, muncul banyak terobosan baru di bidang seni budaya. Salah satu seni pertunjukan yang merupakan asimilasi dari berbagai tradisi adalah pertunjukan KesenianTopeng Ireng, atau yang juga dikenal dengan nama kesenian Dayakan. KesenianTopeng Ireng adalah tarian rakyat kreasi baru yang merupakan metamorfosis dari kesenian Kubro Siswo. Nama Topeng Ireng sendiri berasal dari kata Toto LempengIrama Kenceng. Toto artinya menata, lempeng artinya lurus, irama artinya nada, dan kenceng berarti keras. Oleh karena itu, dalam pertunjukan Topeng Ireng para penarinya berbaris lurus dan diiringi musik berirama keras dan penuh semangat. Tarian ini sebagai wujud pertunjukan seni tradisional yang memadukan syiar agama Islam dan ilmu beladiri atau pencaksilat. Tak heran, dalam pementasan kesenian ini selalu diiringi dengan musik yang rancak dan lagu dengan syair Islami. Dusun Wonosari, DesaBangunkerto, Turi, Sleman, Yogyakarta berusaha untuk tetap melestarikan kesenian ini melalui Paguyuban Tari Topeng Ireng dengannamapaguyubannyaSiswo Kawedar. Dengan melihat hal diatas, maka penulis tertarik untuk meneliti kesenian tersebut dan menuangkannya ke dalam sebuah penelitian dengan judul “Unsur-Unsur Keislaman Dalam Kesenian Topeng Ireng Siswo Kawedar di Dusun Wonosari, Bangunkerto, Turi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan latar belakang munculnya dan prosesi pertunjukan Kesenian Topeng Ireng, Mengetahui apa saja unsur-unsur Islam yang ada dalamKesenian Topeng Ireng tersebut Dan Apa fungsi serta makna Kesenian Topeng Ireng bagi masyarakat di daerah tersebut . Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). untuk pengumpulan datanya melalui observasi, interview, dokumentasi, analisis data dan laporan penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan antropologi budaya, yaitu proses mengumpulkan dan mencatat bahan-bahan guna mengetahui keadaan masyarakat yang bersangkutan sebagai objek penelitian. Keunikan dari kesenian Tari Topeng Ireng ini adalah menggabungkan berbagai macam unsur budaya, yaitu budaya lokal, Suku Dayak, Islam, Pencak Silat dan budaya dari Suku Indian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Mundzirin Yusuf, M. Si
Uncontrolled Keywords: Budaya Islam, Kesenian, Topeng Ireng Siswo Kawedar
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Islam dan Tradisi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 04 Aug 2022 08:47
Last Modified: 04 Aug 2022 08:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52425

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum