ANALISIS WACANA PEMBERITAAN KASUS SYIAH DI SAMPANG PADA SURAT KABAR RADAR MADURA EDISI DESEMBER 2011 – JANUARI 2012

Jauharatun Nafisah, NIM.: 08210034 (2013) ANALISIS WACANA PEMBERITAAN KASUS SYIAH DI SAMPANG PADA SURAT KABAR RADAR MADURA EDISI DESEMBER 2011 – JANUARI 2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS WACANA PEMBERITAAN KASUS SYIAH DI SAMPANG PADA SURAT KABAR RADAR MADURA EDISI DESEMBER 2011 – JANUARI 2012)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA··.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS WACANA PEMBERITAAN KASUS SYIAH DI SAMPANG PADA SURAT KABAR RADAR MADURA EDISI DESEMBER 2011 – JANUARI 2012)
BAB II, III, IV·.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Syi’ah-Sunni adalah dua aliran atau madzhab dalam Islam yang dalam sejarahnya selalu menimbulkan ketegangan-ketegangan politik. Karena perbedaan pandangan yang mereka miliki. Perbedaan yang lahir di antara mereka membuatnya saling menafikan satu sama lain dan menganggap bahwa masing-masing dari merekalah yang terbaik dan benar sebagai umat penerus Nabi Muhammad SAW. Lahirnya dua Aliran beragama dalam Islam ini berawal sejak wafatnya Nabi Muhammad SAW yang melahirkan perbedaan interpretasi mengenai figur yang berhak melanjutkan atau menggantikan kepemimpinan Nabi. Faham syiah di desa Nangkernang, Karang Gayam, Omben Sampang Madura, muncul pada tahun 1985 dan pada tahun 2003/2004 rekrutmen anggota syi’ah semakin massif dengan jaringan luas yang tersebar di seluruh kabupaten Madura. Kasus syiah yang terjadi di Sampang merupakan konflik panjang yang terjadi sejak tahun 2004 dan berahir klimaks dengan terjadinya pembakaran pada tanggal 29 Desember 2011. Kasus ini muncul karena ada perbedaan interpretasi terhadap ajaran agama Islam antara masyarakat Sampang dengan kelompok syiah yang menimbulkan ketegangan-ketegangan politik. Perbedaan yang lahir di antara mereka membuatnya saling menafikan satu sama lain dan menganggap bahwa masing-masing dari merekalah yang terbaik dan benar. Kasus syiah yang dipublikasikan Radar Madura pada edisi Desember 2011 - Januari 2012 menjadi hal yang cukup penting untuk dipahami dan diteliti secara mendalam. Mengingat surat kabar tersebut adalah media massa local-kedaerahan yang ada di Madura, dengan cakupan beritanya yang luas dan pemahaman konteks yang kuat terhadap budaya Sampang dan budaya Madura secara umum. Faktor inilah yang menjadi dasar penelitian penulis mengambil berita-berita yang diterbitkan Radar Madura pada kasus tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk menyelami wacana-wacana yang diterbitkan oleh Radar Madura pada kasus tersebut dan menemukan maksud-maksud yang ada dalam wacana pemberitaan. Dimana, dalam kalimat itulah nantinya dapat digali unsur-unsur yang bersifat tersembunyi atau hident wacana. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif dengan menggunakan teori analisis wacana model Roger Fowler, Robert Hodge, Gunther Kress dan Tonny Trew. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa wacana yang dibentuk SKH Radar Madura pada pemberitaan kasus Syiah yang terjadi di Dusun Nangkerman, Desa Karang Gayam, Kec.Omben, Sampang edisi Desember 2011-Januari 2012 yaitu membangun perspektif bagi pembaca bahwa ajaran syiah yang dibawa Tajul Muluk adalah ajaran yang menyimpang, sesat dan illegal, sehingga dari penyimpangan itu wacana-wacana yang lain terlegitimasikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hamdan Daulay, M.A., M.Si
Uncontrolled Keywords: Syiah, Media Radar Madura, Tata Bahasa dalam Pemberitaan
Subjects: Komunikasi Islam
Komunikasi Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 04 Aug 2022 08:52
Last Modified: 04 Aug 2022 08:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52427

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum