PENGEMBANGAN LKPD BERORIENTASI AKM (ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP/MTS

Achmad Adi Nugroho, NIM.: 17106000028 (2022) PENGEMBANGAN LKPD BERORIENTASI AKM (ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP/MTS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LKPD BERORIENTASI AKM (ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP/MTS)
17106000028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LKPD BERORIENTASI AKM (ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP/MTS)
17106000028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pengembangan bahan ajar LKPD berorientasi AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) materi bangun ruang sisi datar kelas VIII dan mengetahui kelayakan bahan ajar LKPD berorientasi AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, pendidik matematika, peer reviewer, serta respon peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (RnD). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D yang terdiri dari tahap Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Dissemination (Penyebaran). Instrumen penelitian berupa angket yang memiliki skala pengukuran Likert untuk mengetahui penilaian dari ahli media, ahli materi, dan skala pengukuran Guttman dalam bentuk checklist untuk mengetahui respon peserta didik terhadap bahan ajar LKPD berorientasi AKM (Asesmen Kompetensi Minimum). Uji coba dilakukan kepada sejumlah 10 peserta didik kelas VIII. Data yang diperoleh merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penilaian dari para ahli dijumlahkan untuk masing-masing kategori atau kriteria penilaian kemudian dipersentase berdasarkan persentase keidealan sehingga diketahui kelayakan bahan ajar. Hasil penelitian pengembangan bahan ajar LKPD berorientasi AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) berdasarkan hasil penilaian oleh ahli media, ahli materi memperoleh rata-rata 4,5 serta termasuk dalam kategori “SB” (Sangat Baik). Respon peserta didik terhadap bahan ajar LKPD berorientasi AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) memperoleh penilaian dengan rata-rata 97,5% persentase skor mencapai dan termasuk dalam kategori “Positif”. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa “Pengembangan LKPD Berorientasi AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP/MTs” yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan dan dapat dijadikan sebagai salah satu bahan ajar LKPD Matematika berorientasi AKM (Asesmen Kompetensi Minimum).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd.I., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: bahan ajar; pembelajaran matematika; LKPD Matematika; AKM
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Aug 2022 10:39
Last Modified: 05 Aug 2022 10:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52452

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum