UPAYA GURU PAI DALAM MENGATASI PERILAKU HATE SPEECH DI MEDIA SOSIAL TERHADAP SISWA KELAS XII SMK ISLAM TERISI KABUPATEN INDRAMAYU

Abdurrahman, NIM.: 18104010025 (2022) UPAYA GURU PAI DALAM MENGATASI PERILAKU HATE SPEECH DI MEDIA SOSIAL TERHADAP SISWA KELAS XII SMK ISLAM TERISI KABUPATEN INDRAMAYU. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU PAI DALAM MENGATASI PERILAKU HATE SPEECH DI MEDIA SOSIAL TERHADAP SISWA KELAS XII SMK ISLAM TERISI KABUPATEN INDRAMAYU)
18104010025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU PAI DALAM MENGATASI PERILAKU HATE SPEECH DI MEDIA SOSIAL TERHADAP SISWA KELAS XII SMK ISLAM TERISI KABUPATEN INDRAMAYU)
18104010025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari maraknya penggunaan kalimat hate speech di media sosial yang dilakukan oleh kalangan remaja sebagai dampak negatif media sosial. Adapun di antara pelakunya ialah siswa SMK Islam Terisi. Berdasarkan persoalan tersebut, maka perlu adanya upaya agar fenomena tersebut dapat teratasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru PAI dalam mengatasi perilaku hate speech di media sosial terhadap siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Bentuk-bentuk hate speech di media sosial yang dilakukan ialah melontarkan kata kasar dan kotor dan menyebarkan berita bohong (2) Faktor penyebab siswa melakukan hate-speech di media sosial adalah dari diri sendiri, lingkungan pertemanan dan kurangnya kontrol orang tua (3) Upaya yang dilakukan guru PAI dalam mengatasi perilaku hate speech di media sosial dibagi menjadi dua bentuk, yaitu upaya preventif berupa memanfaatkan kurikulum pendidikan karakter, mengaitkan materi pembelajaran dan menyibukkan siswa dengan tugas, dan upaya kuratif berupa menasihati dan kerjasama dengan guru lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Akhmad Sholeh, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: perilaku; komunikasi; guru PAI; media sosial; hate speech
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Aug 2022 12:33
Last Modified: 10 Aug 2022 12:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52489

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum