PENGARUH BUZZ GROUP BERBASIS BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI TERMOKIMIA

Chaerul Hidayah, NIM.: 18106070014 (2022) PENGARUH BUZZ GROUP BERBASIS BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI TERMOKIMIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH BUZZ GROUP BERBASIS BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI TERMOKIMIA)
18106070014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH BUZZ GROUP BERBASIS BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI TERMOKIMIA)
18106070014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Termokimia dianggap sulit karena bersifat abstrak, pada materi ini peserta didik dituntut untuk bisa mengaplikasikan persamaan matematis dalam suatu perhitungan, ditambah penggunaan metode ceramah membuat peserta didik kurang aktif dan bosan belajar, sehingga mendapat hasil belajar yang rendah. Oleh karena itu diperlukan strategi pengajaran yang tepat, agar pembelajaran menjadi efektif dan lebih optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh buzz group berbasis blended learning untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi termokimia Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen, dengan desain quasi-eksperimen berbentuk pretest-posttest control group, penelitian dilaksanakan di MA Minhajut Tholabah, Purbalingga. Teknik sampling yang dipilih adalah sampling jenuh, dengan sampel kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 29 anak, dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 22 anak, Instrumen penelitiannya menggunakan soal tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah uji mann-whitney, untuk angket menggunakan persentase. Berdasarkan hasil uji mann-whitney diperoleh nilai signifikasinya 0.03, nilai tersebut < 0.05, dan rata-rata hasil angket respon peserta didik 77%. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode buzz group berbasis blended learning untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi termokimia, hasil angket respon mengindikasikan peserta didik tertarik menggunakan metode tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; kognitif; blended learning; termokimia; pembelajaran kimia
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 11 Aug 2022 15:19
Last Modified: 11 Aug 2022 15:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52499

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum