PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM SMK CoE (Center of Excellence) di SMK MEKANIKA BUNTET PESANTREN CIREBON

Basri Asyibli, NIM.: 18104090056 (2022) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM SMK CoE (Center of Excellence) di SMK MEKANIKA BUNTET PESANTREN CIREBON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM SMK CoE (Center of Excellence) di SMK MEKANIKA BUNTET PESANTREN CIREBON)
18104090056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM SMK CoE (Center of Excellence) di SMK MEKANIKA BUNTET PESANTREN CIREBON)
18104090056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keterlibatan kepala sekolah dalam pelaksanaan program CoE merupakan kegiatan kepala sekolah yang bertanggung jawab memberikan pendidikan. Kepala sekolah harus mampu mengawal proses pengelolaan mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga penilaian hasil pembelajaran. Mengingat kinerja organisasi atau lembaga dalam mencapai tujuan dan berbagai sasarannya, serta kemampuannya menghadapi berbagai kesulitan, baik eksternal maupun internal, melalui kebijakan dan praktik di lapangan, dapat mempengaruhi keberhasilan sekolah dalam melaksanakan program CoE dalam rangka melaksanakan keinginan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah, strategi kepemimpinan, dan keterlibatannya dalam pelaksanaan program CoE di SMK Mekanika Buntet Pesantren Cirebon. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, yang meliputi fakta dan masalah yang ditemukan di lapangan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif di SMK Mekanika Buntet Pesantren Cirebon, dengan metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Kepala sekolah SMK Mekanika telah melaksanakan program CoE sesuai dengan prosedur yang ada dalam keputusan Menteri Pendidikan dan kebudayaan nomor 17/M/2021, Adapun pelaksanaan yang telah dilakukan kepala sekolah smk mekanika buntet pesantren Cirebon adalah melakukan sosialisasi program CoE, melakukan pembangunan laboratorium CoE, melaksanakan magang guru produktif dan workshop guru dan melakukan monitoring dan evaluasi pasca pelatihan bagi guru dan teknisi serta pelaksanaan pembelajaran dengan pengawas manajerial (2) Strategi yang dibangun kepala sekolah dalam implementasi program CoE di SMK Mekanika Buntet Pesantren Cirebon 1). Melakukan pengembangan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan 2). Membangun kerjasama dengan perusahaan 3). Kerjasama dengan perguruan tinggi 4). Menjalin hubungan dengan sekolah penyandang CoE (3) Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi program CoE menerapkan beberapa peran sebagai edukator, manager, supervisor, leader, inovator dan motivator. Dalam pengimplementasian program CoE beliau melakukan 1). Mengikuti program pendidikan dan pelatihan implementasi kurikulum 2). Program Pendampingan serta Pelatihan yang diperuntukan para Guru dan Peserta Didik 3). Pengadaan Gedung Praktik dan Alat Praktik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ahmad Arifi. M.Ag
Uncontrolled Keywords: kepala sekolah; program CoE; gaya kepemimpinan; guru
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Aug 2022 14:21
Last Modified: 15 Aug 2022 14:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52517

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum