PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR

Ayu Ningsi, NIM.: 22204082015 (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR)
22204082015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR)
22204082015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mengembangkan e-modul matematika berbasis REACT (Relating Expriencing Applying Cooperating Transfering) 2) untuk mengetahui kelayakan e-modul matematika berbasis REACT (Relating Expriencing Applying Cooperating Transfering 3) untuk menganalisis keefektifan e-modul matematika berbasis REACT (Relating Expriencing Applying Cooperating Transfering) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis. Penelitian ini menerapkan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, lembar validasi, lembar penilaian, lembar respon, dan tes. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan pendekatan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data hasil observasi, wawancara, dokumentasi, dan validasi produk oleh para ahli. Untuk analisis data kuantitatif, digunakan uji paired sample t-test dengan bantuan perangkat lunak JASP versi 0.17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) telah berhasil dikembangkan e-modul matematika berbasis REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) menggunakan model ADDIE yang dilengkapi dengan gambar animasi, video materi pembelajaran dan, fitur game interaktif serta memerlukan koneksi internet 2) e-modul matematika berbasis REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) dinilai layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan respon guru 3) Berdasarkan hasil uji hipotesis paired sample t test terhadap pemahaman konsep matematis siswa memperoleh nilai p = < .001, nilai t = 10.916 serta nilai Cohen’s d = 2.141. Menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep matematis siswa antara pretest dan posttest. Berdasarkan hasil uji Paired Sample t-test tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-modul Matematika berbasis REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Dr. Sintha Sih Dewanti, S,Pd., Si., M.Pd. Si
Uncontrolled Keywords: e-Modul berbasis REACT; pembelajaran Matematika; pemahaman konsep matematis,
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Aug 2022 14:27
Last Modified: 17 Nov 2025 09:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52518

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum