PENGEMBANGAN VIDEO PEMBUATAN INDIKATOR SINTETIS (FENOLFTALEIN, AMILUM, TOLLENS, DAN FEHLING) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PRAKTIKUM CALON GURU KIMIA

Ana Mustafidatul Laili, NIM.: 18106070018 (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBUATAN INDIKATOR SINTETIS (FENOLFTALEIN, AMILUM, TOLLENS, DAN FEHLING) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PRAKTIKUM CALON GURU KIMIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN VIDEO PEMBUATAN INDIKATOR SINTETIS (FENOLFTALEIN, AMILUM, TOLLENS, DAN FEHLING) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PRAKTIKUM CALON GURU KIMIA)
18106070018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN VIDEO PEMBUATAN INDIKATOR SINTETIS (FENOLFTALEIN, AMILUM, TOLLENS, DAN FEHLING) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PRAKTIKUM CALON GURU KIMIA)
18106070018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Kompentensi membuat indikator sintesis sangat dibutuhkan saat menjadi guru kimia di SMA agar pelaksanaan praktikum di sekolah dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Namun, waktu pembelajaran yang terbatas membuat percobaan praktikum di perguruan tinggi tidak dapat dilaksanakan sehingga diperlukan media pengemasan praktikum pembuatan indikator sintetis agar calon guru memiliki kompetensi membuat indikator sintetis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video praktikum pembuatan indikator sintetis dan mengetahui kualitas video yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Produk merupakan video praktikum pembuatan indikator sintetis berbentuk mp4 berisi pembuatan indikator fenolftalein, amilum, tollens, dan fehling. Produk divalidasi oleh satu ahli materi, satu ahli media, dan empat reviewer. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli media mendapatkan persentase 100% dengan kategori Sangat Baik (SB), ahli materi mendapatkan persentase 95% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan guru kimia SMA/MA mendapatkan persentase 98,33% dengan kategori Sangat Baik (SB). Video direspon positif oleh calon guru kimia dengan persentase sebesar 100%. Berdasarkan hasil penilaian, dapat disimpulkan produk yang dikembangkan layak digunakan untuk membantu proses pembelajaran calon guru dalam meningkatkan kompetensi praktikum pembuatan indikator sintesis calon guru kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: calon guru; video pembelajaran; indikator sintetis; kompetensi praktikum
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Aug 2022 14:27
Last Modified: 15 Aug 2022 14:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52518

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum