PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS AUGMENTED REALITY MATERI IKATAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMA/MA KELAS X

Atik Chandra Setya Arum, NIM.: 18106070008 (2022) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS AUGMENTED REALITY MATERI IKATAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMA/MA KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS AUGMENTED REALITY MATERI IKATAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMA/MA KELAS X)
18106070008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS AUGMENTED REALITY MATERI IKATAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMA/MA KELAS X)
18106070008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Aplikasi teknologi diperlukan untuk memvisualisasikan materi ikatan kimia yang bersifat abstrak agar menjadi lebih konkret. Upaya yang dapat dilakukan dengan mengintegrasikan media pembelajaran dengan teknologi sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi dan tidak menimbulkan miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis augmneted reality materi ikatan kimia dan mengetahui kualitas modul yang dikembangkan. Penelitian yang dilakukan mengadaptasi model pengembangan 4-D (define, design, develop, dan disseminate) yang hanya dibatasi hingga tahap develop. Kualitas produk divalidasi oleh satu ahli materi, satu ahli media, empat reviewer (guru kimia SMA/MA), dan direspon oleh sepuluh siswa SMA/MA. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar penilaian kulitas produk menggunakan skala Likert dan lembar respon siswa menggunakan skala Guttman. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapat persentase 94,6% dengan kategori Sangat Baik, ahli media mendapatkan persentase 92,5% dengan kategori Sangat Baik, guru kimia SMA/MA mendapat persentase 93,5% dengan kategori Sangat Baik, dan mendapatkan respon positif dari siswa dengan persentase 98%. Berdasarkan hasil penilaian kualitas dan respon siswa dapat disimpulkan bahwa modul berbasis augmented reality materi ikatan kimia yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi ikatan kimia untuk meningkatkan minat belajar siswa SMA/MA kelas X.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: pengembangan modul; augmented reality; minat belajar; ikatan kimia
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Aug 2022 14:34
Last Modified: 15 Aug 2022 14:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52519

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum