PENGEMBANGAN VIDEO PRAKTIKUM SEDERHANA KIMIA ASAM BASA BERMUATAN GREEN CHEMISTRY UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XI

Yupita Tri Rezeki, NIM.: 18106070023 (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PRAKTIKUM SEDERHANA KIMIA ASAM BASA BERMUATAN GREEN CHEMISTRY UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN VIDEO PRAKTIKUM SEDERHANA KIMIA ASAM BASA BERMUATAN GREEN CHEMISTRY UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XI)
18106070023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN VIDEO PRAKTIKUM SEDERHANA KIMIA ASAM BASA BERMUATAN GREEN CHEMISTRY UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XI)
18106070023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Praktikum sangat penting untuk meningkatkan skill dan pemahaman siswa akan materi yang dipelajari. Keterbatasan alat, bahan praktikum, dan laboran di sekolah biasanya menjadi penyebab tidak dilaksanakannya kegiatan praktikum. Oleh karena itu, pemanfaatan alat dan bahan yang tersedia dalam kehidupan sehari-hari dapat menjadi alternatif untuk tetap melaksanakan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video praktikum kimia sederhana bermuatan green chemistry dan mengetahui kualitas video yang dikembangkan sebagai alternatif kegiatan praktikum asam basa di rumah. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (R & D) yang mengadaptasi model 4-D (define, design, develop, and disseminate) dan dibatasi sampai tahap develop. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar penilaian kualitas produk untuk ahli materi, ahli media, reviewer (guru kima SMA/MA), dan lembar respon siswa. Produk yang dikembangkan berupa video penentuan indikator terbaik, pembuatan trayek pH, penetuan pH asam basa, dan titrasi asam basa. Penilaian kualitas video oleh ahli materi mendapatkan persentase 95% dengan kategori sangat baik, ahli media mendapatkan persentase 95% dengan kategori sangat baik, dan reviewer mendapatkan persentase 95% dengan kategori sangat baik. Respon siswa terhadap video praktikum mendapatkan persentase 98% dengan kategori respon sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, video praktikum kimia yang dikembangkan digunKn sebagai media alternatif dalam proses pembelajaran praktikum kimia asam basa di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Agus Kamaludin, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; video praktikum; gaya belajar; asam basa
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Aug 2022 15:05
Last Modified: 15 Aug 2022 15:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52520

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum