PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI EKOSISTEM PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI/SD

Eriska Witantri Budiarti, NIM.: 18104080007 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI EKOSISTEM PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI/SD. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI EKOSISTEM PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI/SD)
18104080007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI EKOSISTEM PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI/SD)
18104080007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan IPTEK membuat dunia pendidikan mengalami revolusi. Contohnya adalah sumber belajar yang dapat disajikan dalam bentuk elektronik. E-Modul materi ekosistem dibuat karena materi tersebut dekat dengan peserta didik sehingga memungkinan peserta didik untuk belajar secara mandiri. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kualitas E-Modul materi ekosistem pada pembelajaran IPA kelas V di MI/SD? (2) Bagaimana penilaian dari praktisi pendidikan dan respon peserta didik terhadap E-Modul materi ekosistem pada pembelajaran IPA kelas V di MI/SD? Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengadaptasi model penelitian dari Thiagarajan yaitu model 4D dengan melalui beberapa tahapan, yaitu: (1) Tahap pendefinisian: menganalisis KI dan KD kurikulum 2013, analisis angket yang diisi oleh guru dari berbagai daerah, dan masalah di lapangan. (2) Tahap perencanaan: menyusun garis besar E-Modul, menyusun kerangka E-Modul, menyusun isi E-Modul, mempersiapkan alat dan bahan, dan menyusun instrumen penelitian. (3) Tahap pengembangan: validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media dan uji kepraktisan oleh praktisi pendidikan dan peserta didik. Penilaian kualitas E-Modul dari ahli materi pada tahap pertama mendapatkan rata-rata nilai 3,80 dan masuk ke dalam kategori “Baik”. Setelah dilakukan revisi dan dilakukan penilaian pada tahap ke 2 mendapatkan rata-rata nilai 4,28 dan masuk ke dalam kategori “Sangat Baik”. Penilaian kualitas E-Modul dari ahli media mendapatkan rata-rata nilai 4,05 dan masuk ke dalam kategori “Baik”. Dengan demikian E-Modul ini dinyatakan memiliki kualitas dan dapat digunakan sebagai sumber belajar tambahan peserta didik di kelas V MI/ SD. Uji kepraktisan oleh praktisi pendidikan memperoleh rata-rata nilai sebesar 4,40 dan 4,52 dengan kategori. “Sangat Baik”. Respon peserta didik mendapatkan rata-rata nilai sebesar 4,74 masuk ke dalam kategori “Sangat Baik”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sigit Prasetyo, S. Pd. I., M. Pd. Si
Uncontrolled Keywords: peserta didik; e-Modul; pembelajaran IPA; ekosistem
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Aug 2022 15:25
Last Modified: 15 Aug 2022 15:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52521

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum