MODERNISASI PENDIDIKAN DI SEKOLAH PESANTREN SALAF (Studi Kasus Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Seblak Jombang Jawa Timur 1995-2003 M)

Ernawati, NIM. 00120029 (2004) MODERNISASI PENDIDIKAN DI SEKOLAH PESANTREN SALAF (Studi Kasus Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Seblak Jombang Jawa Timur 1995-2003 M). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODERNISASI PENDIDIKAN DI SEKOLAH PESANTREN SALAF (Studi Kasus Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Seblak Jombang Jawa Timur 1995-2003 M))
00120029_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MODERNISASI PENDIDIKAN DI SEKOLAH PESANTREN SALAF (Studi Kasus Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Seblak Jombang Jawa Timur 1995-2003 M))
00120029_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

1. Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Seblak rnelakukan rnodernisasi pendidikan karena rnelihat sistern salaf yang sudah tidak relevan lagi bagi santri yang hidup pada abad XX dan XXI, di rnana pada masa ini sernua paralatan serba rnaju dan canggih. Apabila tidak rnenyesuaikan dengan cara-cara tcrsebut rnaka akan ketinggalan zarnan. 2. Strategi yang dilaksanakan yaitu dengan rnerornbak atau rnernperbaharui sernua elernen yang berhubungan dengan pendidikan yaitu rneliputi kurikulurn, rnetodelogi, serta kelernbagaan. 3. Dengan adanya rnodernisasi pendidikan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Seblak pasti rnempunyai akibat baik posif maupun negatif. Darnpak positifnya adalah santri mendapatkan ilmu urnum dan ilrnu agama, sehingga santri tersebut rnengetahui perkembangan dan informasi teknologi yang ada di dunia serta tidak pula ketinggalan ilmu agamanya. Adapun pengaruh modernisasi pen<lidikan bagi rnasyarakat adalah mereka lebih memudahkan masyarakat dalam mencari tempat pendidikan putra putri mereka. Sehingga mereka lebih memprioritaskan pendidikan putra putrinya agar bersekolah di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Seblak. Adapun negatifnya yaitu: Santri menjadi berkurang volume menerima pelajaran agama karena banyaknya ilmu-ilmu umum serta kegiata­kegiatan yang menunjang lainnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Imam Muhsin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Modernisasi Pendidikan, Pesantren Salafiyah, Seblak Jombang
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 Aug 2022 13:27
Last Modified: 16 Aug 2022 13:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52539

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum