STRATEGI PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN DAN KEPERCAYAAN DIRI SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN WALI SONGO PUTRA NGABAR PONOROGO

Ahmad Khoirun Nasir, NIM.: 20204011026 (2022) STRATEGI PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN DAN KEPERCAYAAN DIRI SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN WALI SONGO PUTRA NGABAR PONOROGO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN DAN KEPERCAYAAN DIRI SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN WALI SONGO PUTRA NGABAR PONOROGO)
20204011026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN DAN KEPERCAYAAN DIRI SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN WALI SONGO PUTRA NGABAR PONOROGO)
20204011026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya beberapa kasus santri baru yang terjadi akibat dari kurangnya kemandirian dan kepercayaan diri di Pondok Pesantren Wali Songo Putra Ngabar Ponorogo seperti belum bisa mencuci baju, menata kotak, menata kasur yang rapi, baca al-Quran dengan suara pelan dan kurang berinteraksi dengan santri baru lain bahkan condong menyendiri. Dengan penerapan strategi yang digunakan dalam membentuk kemandirian dan kepercayaaan diri santri baru melalui kegiatan-kegiatan intrakurikuler, ko-kurikuler dan ekstrakurikuler yang ada, sehingga akan menghasilkan santri baru yang memiliki kemandirian dan kepercayaan diri yang tinggi. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang sasaranya adalah seluruh pihak yang terkait dalam pembentukan kemandirian dan kepercayaan diri santri baru. Pengumpulan data mengunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data mengunakan triagulasi sumber dan teknik. Analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman yang terdiri reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Tujuan penelitian akan mengukapkan strategi pembentukan kemandirian dan kepercayaan diri santri baru di Pondok Pesantren Wali Songo Putra Ngabar Ponorogo. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa srategi yang digunakan di Pondok Pesantren Wali Songo Putra Ngabar Ponorogo dalam membentuk kemandirian dan kepercayaan diri santri baru dengan enam strategi yaitu, pembinaan, keteladanan, pembiasaam, kedisiplinan, merasakan, dan melakukan diimplementasikan pada kegiatan intrakurikuler, ko-kurikuler, dan ekstrakurikuler dengan managemen POACE (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaaan, pengontrolan, dan evaluasi) dalam mengawal dari setiap kegiatan yang dilaksanakan sehingga menghasilkan santri baru yang mandiri dan percaya diri. Implikasi dari strategi tersebut yang berimplikasi pada masyarakat, pesantren dan wali santri dan santri.Implikasinya yaitu bertambahnya trust masyarakat kepada pendidikan di PPWS yang berdampak bertambahnya santri baru yang daftar setiap tahunnya, berkurangnya santri baru yang keluar dari PPWS, wali santri merasa puas atas pendidikan yang diberikan di PPWS dan santri memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memenuhi kebutuhan dirinya tanpa bantuan orang lain serta memiliki mental baja dan public speaking yang bagus.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Karwadi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: santri; ustadz; strategi pesantren; kepercayaan diri
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Santri
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Aug 2022 15:51
Last Modified: 16 Aug 2022 15:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52558

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum