PENGARUH AJARAN PAGUYUBAN NGESTI TUNGGAL TERHADAP KEAGAMAAN MASYARAKAT MUSLIM DI DESA MOJOSARI BANSARI TEMANGGUNG

Sri Rejeki Purwaningsih, NIM. 00120163 (2005) PENGARUH AJARAN PAGUYUBAN NGESTI TUNGGAL TERHADAP KEAGAMAAN MASYARAKAT MUSLIM DI DESA MOJOSARI BANSARI TEMANGGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH AJARAN PAGUYUBAN NGESTI TUNGGAL TERHADAP KEAGAMAAN MASYARAKAT MUSLIM DI DESA MOJOSARI BANSARI TEMANGGUNG)
00120163_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH AJARAN PAGUYUBAN NGESTI TUNGGAL TERHADAP KEAGAMAAN MASYARAKAT MUSLIM DI DESA MOJOSARI BANSARI TEMANGGUNG)
00120163_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Ajaran-ajaran yang dibawa Pangestu telah mempengaruhi masyarakat dalam kehidupan keagarnaannya, terutama dari segi aqidah dan ibadah masyarakat Islam di Desa Mojosari. Pengaruh ajaran Pangestu terlihat semakin banyaknya masyarakat yang mengikuti ajaran ini, sampai saat ini kegiatan-kegiatan rutin seperti Olah Rasa masih berjalan dengan lancar. Dari segi aqidah, pengaruh ini terlihat dari konsep Tuhan dan utusan Tuhan yang mereka yakini. Warga Pangestu telah yakin dengan Tri Purusa sebagai Tuhannya dan R. Soenarto Mertowardoyo sebagai manusia pilihan Tuhan. Dari segi ibadah, rnereka telah meninggalkan syari'at Islam berupa shalat lima waktu dan menjalankan shalat yang diajarkan Pangcstu. Sedangkan dalam bidang muamalah, pengaruh Pangestu terlihat dari hubungan sosial masyarakat yang ada di Desa Mojosari. Dalam interaksinya, mereka berpegang teguh pada ajaran pancasila yang disampaikan oleh Pangestu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Maharsi, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Pengaruh ajaran paguyuban Ngesti Tunggal, Mojosari Bansari Temanggung
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Aug 2022 14:22
Last Modified: 18 Aug 2022 14:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52576

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum